Pasukan Gajah Kawal Gunungan Kraton Jogja

Pasukan gajah garebeg

Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja

Pasukan gajah saat kirab gunungan Keraton Jogja.

JOGJA (jurnaljogja.com) – Pasukan gajah koleksi Gembira Loka Zoo (GL Zoo) mengawal Gunungan Syawal Keraton Jogjakarta, Kamis (7/7). Keempat gajah pengawal gunungan itu bernama Cempaka, Subaya, Gilang dan Natasya.
Keraton Yogyakarta dalam upacara Grebeg Syawal kali itu mengeluarkan tujuh gunungan, satu gunungan dibawa ke Pura Pakualaman, satu gunungan diantar ke Kepatihan kompleks Pemprov DIJ, dan lima gunungan lainnya diperebutkan di Masjid Gede Kauman. Namun satu dari  tujuh Gunungan Syawal yang bakal diperebutkan di halaman Masjid Gede, jatuh. Ini karena salah seorang abdi dalem yang menggotong Gunungan Putri tidak kuat, sehingga posisi gunungan sempat miring ke kiri sebelum ditegakkan kembali.
Gunungan lainnya yang dikeluarkan dalam Grebeg Syawal kali ini selain Gunungan Putri, juga  Gunungan Kakung,  Gepak, Pawon dan Gunungan Anakan. Penghulu Keraton Yogyakarta, KRT Kamaludiningrat menjelaskan, gunungan yang dikeluarkan keraton tersebut mengandung filosofis, selain sebagai sedekah Raja kepada masyarakat, juga wujud tauhid, dengan bentuk gunungan yang mengerucut ke atas. Gunungan itu sendiri berisi hasil bumi dan makanan. Upacara Gunungan Syawal dipimpin Manggala Yudha Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, GBPH H Yudhaningrat. Selain dikawal gajah koleksi GL Zoo, gunugnan juga dikawal pasukan berkuda. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan