PDAM Tirtamarta Tambah Fasilitas Air Siap Minum

 IMG_20170806_104428
Walikota Jogjakarta, Haryadi Suyuti, mencoba fasilitas air siap minum.
JOGJA – Setelah menyediakan beberapa fasilitas umum berupa air siap minum gratis bagi warga di beberapa penjuru kota Jogjakarta, PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirtamarta Jogjakarta kembali menyediakan fasilitas publik serupa. Kali ini, berlokasi di depan kantor PDAM tersebut.

“Fasilitas ini merupakan salah satu program kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat kota Jogja karena air merupakan kebutuhan utama bagi manusia. Sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan air minum kemasan,” ujar Dirut PDAM Tirtamarta, Dwi Agus Triwidodo, di kantor PDAM setempat, Selasa (1/8).

Sebelumnya, pihaknya pun sudah menyediakan fasilitas serupa di beberapa titik di kota Jogjakarta. “Antara lain, di sepanjang jalan Malioboro, Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta, dan beberapa titik yang lain,” ungkap Agus.

Ia menjamin, air siap minum itu sudah higienis dan bebas dari bakteri. “Pipa yang kami gunakan dijamin baru dan menggunakan tekonologi yang sudah teruji secara klinis. Kami pun melakukan pemeriksaan tiap minggu untuk memeriksa kadar air minumnya,” jelas Agus.

Ia pun mengharapkan, semua pihak berpartisipasi dan bertanggungjawab dalam penggunaan air siap minum gratis tersebut agar kota Jogja dapat mengikuti negara-negara yang telah maju. “Sekaligus untuk mendukung program smart city kota Jogja,” tandas Agus.

Walikota Jogjakarta, Haryadi Suyuti menegaskan, penyediaan air siap minum gratis menjadi salah satu komitmen pemerintah kota melalui PDAM Tirtamarta. “Siapa pun yang membutuhkan air minum bisa langsung menikmati fasilitas yang telah disediakan tanpa harus membeli,” katanya.

Ia mengharapkan, selanjutnya pemasangan air siap minum gratis dapat dilakukan di tempat pendidikan dan puskesmas. “Targetnya bukan berapa banyak kita memasang, melainkan mengubah perilaku masyarakat untuk berhemat air. Juga menggalang masyarakat untuk peduli lingkungan melalui konsep eco-park, eco-school, eco-office, eco-campus, dan sebagainya,” papar Haryadi kemudian.

Kepada jajaran PDAM Tirtamarta dan masyarakat, Haryadi ingin agar fasilitas air siap minum gratis yang sudah terpasang dapat dirawat dengan baik. “Terutama untuk masyarakat, jangan hanya menggunakan tapi juga harus menjaga dan merawatnya agar fasilitas tersebut bisa terus digunakan,” pintanya. (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan