Peksiminas Perkuat Kebangsaan

Peksiminas: Gabungan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jogjakarta membawakan tari Angguk memeriahkan pembukaan Peksiminas XIV 2018, di lapangan Pancasila, UGM, Jogjakarta, Selasa (16/10).

Peksiminas: Gabungan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Jogjakarta membawakan tari Angguk memeriahkan pembukaan Peksiminas XIV 2018, di lapangan Pancasila, UGM, Jogjakarta, Selasa (16/10).

JOGJA – Tak kurang dari 1.400 orang peserta asal 33 provinsi mengikuti Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) XIV 2018, di Jogjakarta, 15-21 Oktober 2018. Mereka akan berkompetisi dalam 15 tangkai lomba dan satu eksibisi, memperebutkan 21 medali emas.

“Peksiminas tak sekadar perhelatan seni untuk seni. Lebih dari itu, lomba antar-mahasiswa ini diharapkan mampu pula memperkuat rasa kebangsaan kita,” ungkap Direktur Kemahasiswaan Ditjen Belmawa (Pembelajaran dan Kemahasiswaan) Kemenristekdikti, Dr Didin Wahidin MPd, pada pembukaan Peksiminas XIV 2018, di lapangan Pancasila, UGM, Jogjakarta, Selasa (16/10).

Sebenarnya Kemenristekdikti menunjuk ISI (Institut Seni Indonesia) Jogjakarta sebagai tuan rumah. Tapi demi menjaga kualitas dan kesuksesan Peksiminas, ISI Jogjakarta kemudian menggandeng perguruan tinggi lain untuk turut terlibat. Selain ISI dan UGM, ada juga UAD, UAJY, USD, STPMD ‘APMD’, Stikom ‘Akindo’, UNY, dan UKDW.

Ketua Panitia Peksiminas XIV, Drs Anusapati MFA mengemukakan, dari 1.400 peserta tersebut sekitar 1.008 orang di antaranya adalah para mahasiswa yang menjadi duta seni atau yang akan mengikuti lomba. Tangkai lomba yang akan dikompetisikan, meliputi tari, vokal grup, nyanyi tunggal pop putera-puteri, nyanyi tunggal dangdut putera-puteri, nyanyi tunggak keroncong putera-puteri, dan nyanyi tunggal seriosa putera-puteri.

Tangkai lomba lainnya, penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan lakon, baca puisi putera-puteri, monolog, lukis, desain poster, fotografi hitam-putih dan warna, serta komikskrip. “Satu lagi musik rebana sebagai tangkai lomba eksibisi,” papar Anusapati kemudian.

Ia pun mengharapkan, Peksiminas tahun ini mampu melahirkan prestasi unggul di bidang seni. “Semoga semua peserta dapat menjalani lomba selama sepekan ini dengan sukses, gembira, penuh persaudaraan, serta mencerminkan indahnya keberagaman,” tutur Anusapati lebih jauh.

Rektor ISI Jogjakarta, Prof Dr M Agus Burhan MHum pun berpesan, agar para peserta Peksiminas dapat menjunjung tinggi sikap sportivitas dan menjaga kebersamaan selama kegiatan perlombaan berlangsung. “Agenda dua tahunan yang selalu ditunggu-tunggu ini hendaknya mampu mencerminkan semangat kebersamaan kita semua,” tandasnya.

Gubernur DIY Hamengku Buwono X dalam sambutan yang dibacakan Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo mengatakan, kegiatan perlombaan dalam bidang seni ini diharapkan bisa menumbuhkan apresiasi mahasiswa di bidang seni, penulisan sastra, dan seni rupa. “Sebagai mahasiswa, teruslah berkarya. Jangan apatis, apalagi sinis,” pesannya kemudian. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan