Pengembangan IT Berdayakan Ekonomi Rakyat

Local Guide: Eko Suwanto (kiri) memotong tumpeng menandai dimulainya acara Meet Up Nusantara II: Indonesia Local Guide 2018.

Local Guide: Eko Suwanto (kiri) memotong tumpeng menandai dimulainya acara Meet Up Nusantara II: Indonesia Local Guide 2018.

JOGJA – Seiring kemajuan teknologi komunikasi, peran serta warganet sangat strategis dalam pengembangan perekonomian daerah. Penggunaan internet secara bijak akan lebih memberikan keuntungan bagi banyak orang. Menjadi local guide, misalnya. Sangat strategis. Semakin banyak yang terlibat semakin baik karena bisa memandu lebih banyak pihak.

Politisi muda PDI Perjuangan, Eko Suwanto, menegaskan hal itu, di Pendopo Ambarrukmo, Jogjakarta, Jumat (10/8) malam, usai menjadi keynote speaker dalam acara Meet Up Nusantara II: Indonesia Local Guides 2018 bertajuk Pemanfaatan TIK untuk Local Guide.

Hadirnya beragam aplikasi pun sangat membantu bagi keberadaan tempat usaha baru termasuk tempat kuliner, destinasi wisata yang membutuhkan promosi agar bisa dikunjungi banyak orang.

“Apresiasi saya bagi warganet yang aktif berinteraksi dengan lebih produktif, menjadi bagian dari Indonesia local guide. Ini peluang anak muda untuk berkarya, untuk produktif,” kata Eko, yang juga Ketua Komisi A DPRD DIY itu.

Kepada 250 orang peserta acara tersebut yang hadir dari berbagai provinsi, itu Eko pun berpesan, agar dalam memanfaatkan teknologi bisa lebih bijak. “Komunikasi harus dipandu dengan budi pekerti dan hati nurani,” tandasnya.

TIK akan bermanfaat jika dipandu oleh hati untuk membahagiakan hati orang lain. Melalui konten yang kreatif, menjadi local guide akan sangat positif untuk membangkitkan perekonomian lokal. “DPRD mendukung pemda DIY membantu sarana prasarana serta diklat pemanfaatan IT bagi masyarakat,” tuturnya kemudian.

Agustus ini, imbuh Eko, akan diresmikan Co Working Space yang bisa dimanfaatkan masyarakat secara gratis. Selain, pembangunan free wifi di 112 lokasi dan pembangunan infrastruktur berupa fiber optic dan berbagai sarana prasarana lainnya. “Prinsipnya kita dukung pengembangan, pemanfaatan dan pengelolaan IT untuk meningkatkan akses pelayanan publik dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan DIY itu. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan