Penting Pahami Pengelolaan Keuangan

IMG_20161111_084415
 Anggoro Rulianto/Jurnal Jogja
 Kartono menyerahkan secara simbolik bantuan asuransi proteksi kanker kepada salah seorang guru berprestasi.
JOGJA – Literasi atau pemahaman keuangan masyarakat masih tergolong rendah. Ungkapan ‘Hemat Pangkal Kaya’ banyak orang mengerti maksudnya, namun untuk mengelola keuangan secara baik, menjadi persoalan lain yang masih harus ditingkatkan.
“Karena itulah hari ini kami bersama Otoritas Jasa Keuangan menegaskan kembali komitmen untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan keuangan secara baik,” ujar Director of Marketing AXA Mandiri, Kartono, di hadapan peserta program edukasi keuangan bagi 100 orang guru mata pelajaran Ekonomi di DIJ, di Aula SMAN 1 Jogjakarta, Kamis (10/11).
Kali ini melibatkan para guru dengan harapan dapat menciptakan efek berganda, dengan menyebarluaskan pengetahuan mengenai literasi keuangan kepada anak didik, keluarga, hingga masyarakat di sekitar mereka. “Guru merupakan pilar yang sangat penting untuk mempersiapkan anak-anak muda menghadapi masa depan,” tegas Katono.
Bukan hanya kepada parguru mata pelajaran Ekonomi, program serupa juga telah diberikan bagi para da’i di beberapa kota, hasil kerjasama dengan MUI (Majelis Ulama Indonesia). “Tak ketinggalan pula para guru PAUD dengan harapan mampu menyampaikan pengetahuan mereka kepada anak-anak bangsa sejak dini,” tutur Kartono.
Guna menambah pengetahuan para guru, pada kesempatan itu diserahkan pula 200 eksemplar buku mengenai Otoritas Jasa Keuangan dan Industri Jasa Keuangan. “Sebagai penghormatan terhadap dedikasi para guru, kami juga mempersembahkan asuransi Mandiri Proteksi Kanker dengan membebaskan beaya premi pada tahun petama bagi sepuluh guru berprestasi,” ungkap Kartono.
Ketua Musyawarah Guru Mata Pelajaran Ekonomi DIJ, Uminingsih menyatakan, terimakasih terhadap asuransi yang diberikan. “Kami juga meyakini pelatihan kali ini akan bermanfaat tak hanya bagi para rekan-rekan guru tapi juga bagi anak didik maupun keluarganya,” ujarnya lebih jauh.
Kartono pun menandaskan, pemahaman terhadap pengelolaan keuangan secara baik akan sangat bermanfaat guna menjawab kebutuhan masyarakat di masa depan di tengah tantangan pekonomian yang sangat dinamis, terutama bagi generasi muda yang saat ini masih mengenyam pendidikan. (rul)
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan