Pertamina Pastikan BBM dan LPG Aman

Doddy Prasetya (kanan) dan Andar Titi Lestari

Doddy Prasetya (kanan) dan Andar Titi Lestari

JOGJA – Pertamina menyiapkan beberapa program guna memastikan ketersediaan suplai BBM dan LPG selama libur Nataru, Natal dan Tahun Baru. Selain menyiagakan stok tambahan, Pertamina Marketing Operation Region IV Jateng dan DIY pun membentuk satgas Nataru, 18 Desember 2018 – 8 Januari 2019.

“Kami telah siap mengantisipasi lonjakan konsumsi BBM dan LPG di wilayah Jateng maupun DIY selama libur Natal dan Tahun Baru,” tandas Branch Manager Pertamina DIY, Doddy Prasetya, didampingi Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR IV, Andar Titi Lestari, beserta staf Pertamina lainnya, di Jogjakarta, Rabu (19/12) sore.

Beberapa program telah disiapkan guna memperkuat ketahanan distribusi BBM dan LPG. Antara lain dengan memperkuat stok, mengamankan suplai BBM dan LPG di Terminal BBM dan Depot LPG, memperkuat layanan BBM dan LPG di lembaga penyalur serta memberikan layanan BBM dan LPG di tempat yang rawan kepadatan.

Mengantisipasi lonjakan konsumsi untuk BBM jenis gasoline yakni Premium, Pertalite, dan Pertamax Series di DIY, jelas Doddy, disiagakan tambahan stok 12 persen dari rata-rata normal harian 1.832,75 KL per hari naik menjadi 2.105,66 KL per hari. “Untuk stok dipastikan aman karena suplai dari Cilacap melalui pipa, sehingga tak akan terpengaruh dengan cuaca,” tandasnya.

Untiuk konsumsi LPG Subsidi (PSO) dan Non Subsidi (NPSO) di DIY, disiagakan tambahan stok 8 persen menjadi 128.957 MT per hari dibanding rata-rata harian normal 119.417 MT per hari.

Jenis BBM Avtur untuk pesawat udara pun disiagakan tambahan stok sebanyak 7 persen dari rata-rata konsumsi normal, yakni dari 480 KL menjadi 514 KL. “Ini diupayakan untuk mengantisipasi padatnya penerbangan di bandara Adisutjipto Jogjakarta,” tutur Doddy.

Disiapkan pula beberapa fasilitas alternatif tempat pengisian BBM, dengan menyebar 12 titik kios pertamax dilengkapi dengan mobile dispenser, maupun BBM kemasan di jalur tol dan 32 SPBU Kantong di Jateng dan DIY. “Fasilitas itu akan kami sebar di beberapa jalur mudik, regular, ruas tol, serta di jalur wisata yang rawan kepadatan,” ungkap Andar.

Untuk DIY, misalnya, disiapkan 1 SPBU Kantong di jalur wisata pantai Parangtritis dan 2 SPBU Kantong di pantai Baron, baik yang dari arah utara maupun selatan. “SPBU Kantong disiapkan guna memperpendek jarak dan waktu tempuh mobil tangki menuju titik lokasi SPBU untuk kebutuhan suplai,” jelas Andar kermudian. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan