Phillipina Adopsi Laboratorium Psikologi UAD

IMG_20160818_162419

Anggoro Rulianto/Jurnal Jogja
Seminar UAD-USANT di Jogja, Kamis (18/8).
JOGJA – Perguruan tinggi di Jogjakarta sebenarnya tak perlu rendah hati atau merasa kalah jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lain di negara Asean. Terbukti, sebuah perguruan tinggi asal Phllipina pun merasa perlu melakukan studi banding ke Jogjakarta. Bahkan mengadopsi beberapa fasilitas yang ada di perguruan tinggi dari Jogjakarta.
“Sebuah perguruan tinggi asal Phillipina telah mengadopsi laboratorium psikologi yang kami miliki,” ujar Rektor UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Jogjakarta, Dr Kasiyarno MHum, di Jogjakarta, Kamis (18/8), mencontohkan Usant (University of Saint Anthony) Phllipina yang telah mengadopsi Laboratorium Psikologi UAD itu.
Saat ini pun ada 11 orang mahasiswa S2 dan S3 Usant yang sedang melakukan studi banding ke UAD selama seminggu. Bukan hanya ke UAD tapi mereka juga studi banding ke Unisa (Universitas Aisyiyah), UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), dan UST (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa). “Mereka akan mempelajari berbagai hal selama di Jogja,” tandas Kasiyarno.
Selain Laboratorium Psikologi, para mahasiswa asal Usant juga mempelajari Ilmu Multi Media di UAD. “Mereka mempelajari soal penyiaran hingga stasiun televisi yang telah dimiliki UAD, dan lain-lain yang seringkali justru di luar persoalan ilmiah,” tutur Kasiyarno.
Salah seorang pengelola Pascasarjana UAD, Dr RA Noer Doddy Irmawati mengemukakan, beberapa mahasiswa S2 dan S3 Usant yang sebelumnya mengikuti kursus ke UAD menularkan kehidupan Islami setelah mereka pulang ke negaranya.
Saat ini, lanjut Irmawati, memang hanya ada 11 orang mahasiswa tapi sebelumnya ada 26 orang mahasiswa Usant yang mengikuti semacam kursus selama tiga bulan. “Tak hanya keilmuan, mereka juga menularkan cara berpakaian yang Islami setelah pulang ke Phillipina. Begitu pula soal makanan halal. Bahkan di Usant pun sekarang sudah ada tempat khusus untuk sholat, semacam mushola,” ungkapnya kemudian.
Guna memperdalam studi banding, sebanyak 11 orang mahasiswa asal Usant itu selama sehari, Kamis (18/8), mengikuti seminar internasional pendidikan ‘Improving Educational Collaboration for Better ASEAN Communty’ yang menampilkan sejumlah pembicara dari beberapa perguruan tinggi di Jogjakarta, maupun dari Usant Phllipina. (rul)
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan