Prodi Ilmu Komunikasi UMY Pertahankan Akreditasi A

Akreditasi: Untuk kali kedua prodi Ilmu Komunikasi UMY mengantongi akreditasi A yang akan berlaku hingga 2023 mendatang.

Akreditasi: Untuk kali kedua prodi Ilmu Komunikasi UMY mengantongi akreditasi A yang akan berlaku hingga 2023 mendatang.

JOGJA – Setelah resmi mengantongi akreditasi ‘A’ dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tertanggal 31 Juli 2018, prodi (program studi) Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memperoleh apresiasi dari berbagai pihak. Seluruh sivitas akademika yang ada di jurusan itu pun dituntut untuk selalu meningkatkan mutu dari semua sektor.

Kepala Bidang Penjaminan Mutu Eksternal Unit BPM (Badan Penjaminan Mutu) UMY, Drs Mujiyana SH MSi menyampaikan ucapan selamat atas predikat ‘unggul’ yang sudah diraih Prodi Ilmu Komunikasi. “Saya ucapkan selamat atas prestasti yang sudah diraih dengan kerja keras dari berbagai pihak sehingga berhasil mempertahankan akreditasi A untuk kali kedua,” ujarnya pada Tasyakuran Hasil Akreditasi Prodi Ilmu Komunikasi UMY, di kampus setempat, Jum’at (10/8).

Mujiyana pun menuturkan, pencapaian Ilmu Komunikasi itu berarti telah mendukung program jangka panjang dari Rektor UMY. “Semoga ke depannya Ilmu Komunikasi UMY bisa mempertahankan akreditasi A ini. Demikian pula bagi Prodi yang sudah mendapatkan akreditasi A agar bisa mempertahankan dan menjadi lebih bagus lagi,” tandas Mujiyana.

Dekan Fisipol Dr Titin Purwaningsih SIP MSi mengingatkan kepada seluruh sivitas akademik yang ada di Prodi Ilmu Komunikasi untuk selalu berusaha lebih keras lagi dan jangan terlena dengan pencapaian yang telah diraih. “Jadikan ini tantangan untuk selalu memperbaiki diri, agar bisa lebih baik pada tahun-tahun yang akan datang,” tuturnya.

Titin pun mengucapkan terimakasih kepada para alumni Prodi Ilmu Komunikasi yang telah turut andil membantu almamaternya untuk mempertahankan prestasi. “Saya secara pribadi mengapresiasi para alumni yang sudah berkontribusi menyukseskan visitasi kemarin,” katanya.

Kepala Prodi Ilmu Komunikasi UMY, Haryadi Arief Nur Rasyid SIP MSc menjelaskan, ada beberapa aspek yang dinilai oleh dua orang asesor ketika melakukan visitasi. Antara lain visi misi jurusan, tatakelola penjaminan mutu, mahasiswa dan alumni, sumberdaya manusia meliputi tenaga pendidik dan staf, kurikulum, sarana prasarana, serta publikasi karya dan pengabdian masyarakat dari para tenaga pendidik.

Pencapaian kali ini, imbuh Haryadi, merupakan peran dari banyak pihak. “Mulai dari dosen yang berkompeten di bidang masing-masing, hingga fasilitas penunjang yang digunakan mahasiswa untuk melakukan perkuliahan berupa laboratorium dan alat. Alumni juga berperan penting hingga membuat prodi kami berkembang seperti sekarang ini,” tegasnya. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan