PT TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko Naikkan Target Kunjungan 10%

IMG_20170203_152203
Bambang Sugiharto/Jurnal Jogja

JOGJA (jurnaljogja.com) – PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko menargetkan tingkat kunjungan di  kawasan candi tersebut selama 2017 sebanyak hampir 7,8 juta orang, terdirii dari hampir 6,5 juta wisatawan nusantara (wisnus)  dan selebihnya wisatawan mancanegara (wisman).
      Direktur Pemasaran & Pelayanan PT TWC Borobudur, Prambanan & Ratu Boko, Ricky SP Siahaan menyebutkan, capaian yang diraih selama 2016 lalu untuk wisnus  5,9 juta pengunjung,  sedangkan wismannya  hampir 500 ribu. “Jadi, dibanding tahun lalu, target tahun ini naik 10% lebih,” katanya saat penyerahan TWC Customer Awar ke-3 di Hotel New Saphir, Yogyakarta, Kamis (2/2). Acara mengusung tema ‘Sustainable Partnership In Harmony’ sore itu dihadiri mitra PT TWC yang selama tahun lalu berkontribusi besar dalam mendatangkan wisatawan ke objek wisata candi setempat.
     Ricky menjelaskan, untuk mewujudkan angka kunjungan selama 2017, maka pihaknya menyusun strategi dalam upaya menarik wisatawan, baik itu wisnus maupun wisman. “Sekolah-sekolah untuk berkunjung ke kawasan candi akan kita tingkatkan, karena TWC selain sebagai tempat wisata juga  edukasi,” terangnya.
     Menurutnya, atraksi di kawasan candi juga akan ditambah sebagai daya tarik pengunjung, seperti balon udara dan kuis-kuis. Selain  keberadaan taman candi yang diharapkan menjadi  daya tarik tersendiri, selain daya tarik utama candi. Juga, melalui pengembangan desa wisata Candi Borobudur, seperti  homestay, kerajinan dan kuliner di kawasan itu. “Ini antara lain yang akan kami lakukan untuk menggenjot tingkat kunjungan wisatawan selama 2017,” jelasnya.
     Diakui, upaya mencapai target tersebut tidak bisa dilakukan sendiri oleh pihak candi, namun harus bersinergi dengan mitra-mitra TWC,  termasuk BUMN-BUMN. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan