‘Ramadhan Dalam Puisi’ di Tembi

IMG_20160616_232700BANTUL (jurnaljogja.com) – Komunitas mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi (PT) di Jogja bakal tampil pada Sastra Bulan Purnama (SBP) edisi 57 di Bulan Ramadhan ini. Gelaran bertajuk ‘Ramadhan Dalam Puisi’ akan berlangsung di Tembi Rumah Budaya, Jl Parangtritis Km 8,4, Bantul, Senin malam, 20 Juni mendatang.  Menyemarakkan acara, juga siap tampil salah satu  komunitas sastra dari Temanggung, Jawa Tengah.
Koordinator SBP, Ons Untoro menjelaskan, para penampil ‘Ramadhan Dalam Puisi’ dari PT adalah Forum Mahasiswa Pecinta Pena Univesitas Muhamadiyah Yogyakarta (FMPP UMY), Jaringan Anak Bahasa Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (JAB UAD), dan Komunitas Kutub dari Pondok Pesantren Hasyim Asya’ri. FMPP UMY adalah satu-satunya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berfokus pada pembelajaran karya sastra, seperti menulis dan membacakan karya sastra, monolog dan musikalisasi puisi. Sedangkan JAB UAD terdiri dari mahasiswa jurusan bahasa Indonesia disebutnya seringkali tampil dalam pertunjukan sastra, tidak hanya di SBP, tetapi juga di pagelaran lain termasuk acara sastra di kampusnya. “Juga,  akan tampil Keluarga Studi Sastra 3 Gunung (KSS3G) Temanggung, dan tiga pembaca puisi Herlina Van Toyo, Totok Buchori dan Ocong Soeroso,” katanya di Tembi Rumah Budaya, Bantul, Kamis (16/6).
KSS3G ini berkomitmen menghidupkan sastra di Temanggung. Sebelum terbentuk KSS3G, ada komunitas dinamai  Wahana Dialog Seniman Temanggung (Wadista), sampai terbentuknya Dewan Kesenian Daerah Temanggung. “Dan, KSS3G ini adalah gantinya karena komunitas sebelumnya tdak lagi aktif,” terang Ons.
Menurut dia,  komunitas yang akan tampil lebih banyak akan mengolah puisi menjadi lagu, atau yang sering disebut sebagai musikalisasi puisi. Namun demikian beberapa seniman lain bakal tampil membacakan puisi. “Nuansa Ramadhan dalam SBP edisi ini lebih kental dan memberi makna puisi,” jelasnya. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan