Ratusan Remaja Ingin Jadi Penyanyi Dangdut

LIDA: Salah seorang peserta audisi LIDA (Liga Dangdut Indonesia), di Jogjakarta, Minggu (10/12) lalu.

LIDA: Salah seorang peserta audisi LIDA (Liga Dangdut Indonesia), di Jogjakarta, Minggu (10/12) lalu.

JOGJA – Musik dangdut yang menjadi khasanah musik Indonesia semakin diminati banyak kalangan. Sebagai stasiun televisi yang berkomitmen terhadap perkembangan musik dangdut di tanah air, Indosiar pun selama beberapa tahun terakhir telah menggelar beberapa ajang pencarian bakat hingga ajang penghargaan yang didedikasikan kepada insan dangdut.

Menjelang usianya yang ke-23, stasiun televisi itu kembali melakukan gebrakan terbarunya dengan menggelar Liga Dangdut Indonesia. Ajang pencarian bakat penyanyi dangdut terbesar dan terbaru itu akan menjaring bakat-bakat penyanyi dangdut terbaik di 34 provinsi Indonesia. Pekan kesebelas audisi LIDA (Liga Dangdut Indonesia) digelar serentak di tiga provinsi, DIJ bertempat di Gedung Kotak Taman Pintar, Sumatera Utara, dan Banten.

Tak kurang dari 188 remaja putera maupun puteri mengikuti audisi di Taman Pintar, Jogjakarta, Minggu (10/12) lalu. “Beberapa yang lolos dari audisi di Jogja ini akan dibawa ke Jakarta. Nantinya akan dipilih lima peserta untuk masing-masing provinsi, yang akan diumumkan dua pekan mendatang,” ungkap salah seorang staf humas Indosiar, Helen Lie.

Ajang pencarian bakat terbaru itu nantinya tidak hanya bertujuan memunculkan bintang-bintang dangdut berbakat dari masing-masing provinsi, melainkan juga mengangkat potensi dan kebudayaan lokal masing-masing daerah. “Kami berharap program Liga Dangdut Indonesia dapat menjadi program inspiratif yang tidak hanya menghibur tetapi juga dapat menyatukan seluruh provinsi melalui seni,” ungkap Ekin Gabriel selaku PSRD Divison Head.

Kompetisi yang ditujukan bagi pria atau wanita berusia minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun yang memiliki bakat menyanyi lagu dangdut itu akan memilih lima peserta terbaik dari setiap provinsi yang akan melanjutkan kompetisi di Jakarta dan tampil on air dalam program Konser Nominasi untuk mencari Juara Provinsi melalui polling SMS.

“Satu peserta terbaik tiap provinsi berhak melaju ke putaran final dan bertemu dengan seluruh juara provinsi lainnya,” tandas Ekin, seraya menyatakan, untuk kali pertama talenta-talenta dangdut terbaik dari 34 provinsi Indonesia akan berkompetisi dalam satu panggung dengan membawa berbagai kekayaan budaya di tiap daerah. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan