Republik Ceko Tertarik Investasi Infrastruktur

Ceko: Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana (kanan) saat memberikan cinderamata kepada Ketua Senat Republik Ceko Milan Stech, di gedung DPRD DIY, Rabu (19/9).

Ceko: Ketua DPRD DIY Yoeke Indra Agung Laksana (kanan) saat memberikan cinderamata kepada Ketua Senat Republik Ceko Milan Stech, di gedung DPRD DIY, Rabu (19/9).

JOGJA – Sebagai rangkaian kunjungan resmi kenegaraan ke Indonesia, rombongan senat Republik Ceko pun menyambangi DI Yogyakarta. Pemda maupun DPRD DIY menawarkan berbagai tawaran kerjasama investasi dan rombongan asal Ceko tersebut sangat tertarik untuk menanamkan investasi di bidang infrastruktur.

“Dari pembicaraan, kami memang membuka penawaran kerjasama secara luas. Namun, nampaknya mereka sangat tertarik untuk melakukan kerjasama investasi di bidang pembangunan infrastruktur. Terutama di sektor transportasi,” ungkap Ketua DPRD DIY, Yoeke Indra Agung Laksana, usai menerima rombongan senat didampingi dubes Republik Ceko, di gedung dewan setempat, Rabu (19/9).

Setelah diterima Presiden Jokowi, kemudian Ketua MPR, rombongan Republik Ceko dipimpin Ketua Senat Milan Stech didampingi Dubes Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek, memang menyempatkan singgah ke DI Yogyakarta. Berbagai kemungkinan kerjasama pun dibicarakan dan segera direalisasikan.

Menyinggung usulan anggotanya, Yoeke pun mengutarakan, perlunya penajaman jika nantinya memang dilakukan penandatanganan kerjasama antara pemda DIY dengan Republik Ceko. “Selain infrastruktur untuk transportasi, beberapa kemungkinan kerjasama yang mengemuka, antara lain pembangunan pelabuhan maupun teknologi untuk memanfaatkan sumber air bawah tanah Gunung Kidul,” paparnya.

Wakil Ketua DPRD DIY Darma Setiawan mengemukakan, pihaknya diminta untuk segera menyusun hasil pembicaraan maupun kemungkinan kerjasama ke Kedubes Ceko di Jakarta secara lebih detail dan rinci agar bisa segera dicarikan partner yang cocok antara DIY dengan Ceko untuk realisasinya.

“Melalui catatan tertulis secara lebih detail itu mereka akan bisa mengkaji untuk kemudian mencarikan partner yang cocok. Apakah itu dengan pihak swasta maupun instansi pemerintahan di Ceko. Digagas pula kemungkinan mencarikan provinsi yang cocok di Ceko untuk kemudian dikukuhkan menjadi sister province dengan DIY,” jelas Darma kemudian.

DPRD DIY juga akan mendorong pemda DIY untuk segera melalukan pertemuan di Kedubes Ceko di Jakarta guna melakukan pembicaraan maupun merumuskan kerjasama secara lebih rinci dan nyata. “Bukan hanya menindaklanjuti pembicaraan kali ini, tapi bisa juga direalisasikan kemungkinan pertukaran ahli di antara kedua pihak,” tutur Darma.

Wakil Ketua DPRD DIY lainnya, Arif Noor Hartanto mengingatkan, agar pembicaraan lebih dari dua jam bersama senat dan dubes Ceko itu bisa segera direalisasikan dan membawa kemanfaatan bagi dua pihak, terutama untuk DIY. “Dari sekian kerjasama pemda DIY dengan pemerintahan luar negeri, belum semuanya memberikan kemanfataan. Karenanya, kerjasama kali ini harus direncanakan lebih matang,” tegasnya. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan