RI Wajib Ikut Selesaikan Konflik Timur Tengah

JOGJA (jurnaljogja.com) – Mantan Duta Besar RI Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Arab Suriah, Muhammad Muzammil Basyuni menilai Indonesia wajib untuk turut serta secara aktif dalam upaya penyelesaiaan konflik di Timur Tengah, disebabkan beberapa alasan yang cukup fundamental.
Menurut dia, secara idiil, Indonesia memiliki dasar falsafah negara Pancasila, yang secara tersirat mengharuskan untuk turut serta dalam upaya perdamaian dunia dan mengatasi berbagai permasalahan kemanusiaan. Kemudian secara konstitusional, dengan tegas pula UUD 1945 menjelaskan garis-garis besar dalam kebijakan luar negeri Indonesia. Yang mana pada tataran selanjutnya dinormatifkan ke dalam beberapa peraturan perundang-undangan. “Secara historis, Indonesia memiliki kedekatan emosional dengan negara-negara di Timur Tengah, di mana salah satunya pengakuan atas kemerdekaan Indonesia dilakukan dan diperjuangkan pertamakali oleh negara-negara Arab,” kata Muzammil Basyuni dalam promosi doktor di Sekolah Pascasarjana UGM, Jogjakarta, Sabtu (4/6).
Dalam disertasinya berjudul Peran Indonesia Dalam Penyelesaian Konflik Timur Tengah (Kasus Konflik Israel-Palestina) disebutkan alasan lain.  Yaitu,  secara operasional, sejak lahirnya negara Indonesia sebagai negara yang merdeka dan berdaulat, negeri ini tetap menjalankan politik luar negeri bebas aktif. Meski pada pelaksanaannya diakui, operasional politik luar negeri Indonesia mengalami perubahan seiring dengan perubahan kepentingan nasional yang  ingin dicapai oleh pemerintah yang berkuasa. “Dengan politik luar negeri bebas dan aktif itulah, Indonesia memainkan perannya dalam upaya penyelesaian konflik di Timur Tengah,” tuturnya.
Muzammil Basyuni berpendapat, peran Indonesia dalam upaya penyelesaian konflik di Timur Tengah dapat diformulasikan menjadi enam tipe peran. Yaitu; Indonesia sebagai fasilitator, mediator, partisipator, inisiator, aktor dan motivator dan sebagai justifikator dalam penyelesaian konflik tersebut. (bam)
Dikirim dari Yahoo Mail di Android

Pada Min, 5 Jun 2016 pada 13:20, b.sugiharto bambang
<bsugihartob@yahoo.com> menulis:
Tampilkan kutipan teks

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan