Ribuan Penggemar Yoga di Prambanan

IMG_20160628_120957SLEMAN (jurnaljogja.com) – Di tengah menjalani ibadah puasa, ribuan penggemar senam yoga se- Jateng dan DI Jogjakarta (DIJ) tetap antusias bersenam di Lapangan Wisnu kompleks Taman Wisata Candi Prambanan, Sleman, Minggu (26/6). Senam yoga ini digelar dalam rangka memperingati Hari Yoga Internasional, dilanjutkan dengan buka puasa bersama.
Acara diprakarsai Kedutaan Besar India bekerja sama dengan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko. Menghadirkan Master yoga internasional dari India, Arun Dasrath Yevle dan Anil Rawat. Ada juga pengiat yoga dari Indonesia, di antaranya Anjasmara dan penari Didik Nini Thowok.
Kegiatan sama dilangsungkan di Jakarta, 18 Juni lalu di Jakarta, dilanjutkan di Bali dan Yogyakarta, selanjutnya di Medan.Perhelatan senam yoga ini juga digelar di Timor Leste. ”Selama keliling Indonesia, kami membawa dua master yoga internasional,” kata Duta Besar India, HE Ms Nengcha Lhovum di sela mengikuti senam yogya.
Menurut dia, kegiatan ini untuk memberikan pengalaman yoga yang sesungguhnya ke masyarakat Indonesia. Dengan senam yoga secara benar, katanya, badan akan terasa segar dan sehat. ”Kami sengaja menyelenggarakan di Candi Prambanan karena suasananya sangat harmonis,” tuturnya.
Direktur Pemasaran dan Kerja sama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Ricky Siahaan, mengatakan, peserta senam yoga ini diluar dugaan karena jumlahnya melampoi target. ”Kami tidak menyangka kalau jumlahnya akan sebanyak ini,” ucapnya senang.
Semula pihaknya hanya mentargetkan sekitar 1.500 peserta, tetapi kenyataannya yang datang dan mengikuti kegiatan ini lebih dari 2000 orang. Selain itu ada orang asing dan wisatawan mancanegara yang turut kegiatan tersebut.
Diharapkan adanya komunitas-komunitas senam yoga di Jateng dan DIJ akan  mampu melestarikan warisan budaya dunia. Dengan diselaraskan semangat dari kegiatan yoga itu sendiri, yaitu kedamaian dan keharmonisan. “Karena hanya dengan kedamaian dan keharmonisan hidup ini terasa indah,” ujarnya. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan