Ribuan Pohon Menambah Asri Candi Prambanan

Pohon: Rapper Igor Saykoji dan Youtuber Andovi da Lopez mengikuti gerakan menanam pohon yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation, di kawasan wisata candi Prambanan, Jogjakarta, beberapa hari lalu.

Pohon: Rapper Igor Saykoji dan Youtuber Andovi da Lopez (kiri dan tengah) mengikuti gerakan menanam pohon yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation, di kawasan wisata candi Prambanan, Jogjakarta, beberapa hari lalu.

JOGJA – Wisatawan yang berkunjung ke kawasan objek wisata candi Prambanan dipastikan akan bertambah senang melihat keasrian lingkungan sekitar, dengan bertambahnya ribuan pucuk pohon yang ditanam oleh ratusan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jogjakarta, beberapa hari lalu.

Para mahasiswa yang tergabung dalam gerakan #Siap Darling atau ‘Siap Sadar Lingkungan’ itu ramai-ramai menanam pohon Pulai, Tanjung, Sawo Kecik, Bodhi, Nagasari, Kepel, Keben, dan Maja di kawasan obyek wisata candi tersebut.

Kepala BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) DIY, Dra Zaimul Azzah MHum menyambut baik gerakan yang digagas Bakti Lingkungan Djarum Foundation itu. “Penanaman pohon di kompleks ini sangat tepat. Kami turut berharap, gerakan ini bisa menginspirasi pengunjung untuk melakukan hal serupa di tempat tinggal masing-masing,” katanya.

Seluruh bibit pohon diambil dari Pusat Pembibitan Tanaman Bakti Lingkungan Djarum Foundation di Kudus Jawa Tengah. Sehingga pihak penyelenggara, Bakti Lingkungan Djarum Foundation, tidak kerepotan dalam pengadaan bibit pohon.

Vice President Director Djarum Foundation, FX Supanji mengemukakan, gerakan ‘Siap Darling’ diinisiasi sebagai aksi nyata menambal jejak-jejak kerusakan pada bumi. Generasi milenial diajak serta sebagai bagian dari menularkan kebiasaan baik yang nantinya akan tertanam ke kehidupan mereka ke depan.

Sejak dimulai pada 1979 hingga kini sudah dua juta pohon tertanam. “Kami terus berkomitmen menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dengan yang kita punya. Salah satunya di situs candi Prambanan ini melalui penanaman pohon,” tutur Supanji kemudian.

Artis ibukota yang turut hadir, masing-masing Youtuber Andovi da Lopez dan rapper Igor Saykoji pun tampak antusias turut menanam pohon bersama mahasiswa. Keduanya mengaku sangat tertarik dengan kegiatan yang simpatik tersebut.

“Sangat menarik dan kegiatan ini cukup positip. Bersama anak saya yang mulai beranjak remaja, isu menjaga lingkungan pun sering menjadi bahan obrolan. Harapannya, bisa disuarakan secara lebih luas,” ujar Igor.

Ia pun mengaku, beberapa hari lalu sempat membikin lagu berjudul Plastik. Kolaborasi bareng anak, karena muncul keresahan dan pertanyaan tentang plastik. “Saya kira pas sekali ketika kemudian saya terlibat dalam penanaman pohon yang ujungnya sama, menjaga lingkungan kita tetap oke ke depan,” tandas Igor. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan