Ribuan Umat Hindu Ikuti Upacara Melasti di Parangkusumo

 IMG_20170320_141531
BANTUL (jurnaljogja.com) – Ribuan umat Hindu dari Jateng dan DIJ mengikuti upacara Melasti di Pantai Parangkusumo,  Bantul, Minggu (19/3). Upacara diawali tari tradisional Jawa, dilanjutkan doa bersama.
    Upacara Melasti merupakan satu rangkaian upacara Nyepi. Sebelum Nyepi, umat Hindu menggelar upacara Melasti di Pantai Ngobaran, Gunungkidul, dilanjutkan upacara sama di Pantai Parangkusumo. Dan, sehari sebelum upacara Nyepi dilangsungkan Upacara Kasanga di Pelataran Candi Prambanan.
   Prosesi upacara Melasti di Parangkusumo  berlangsung meriah. Upacara yang digelar setahun sekali ini, menarik perhatian wisatawan domistik maupun  asing yang kebetulan sedang berkunjung ke pantai tersebut. Acara Melasti dipimpin Ida Gunawan Putra Manuaba. Sedangkan sembahyang dipimpin Jro Gede Dwija Akhir Merti Adi Wiyono. Semua  umat Hindu datang  membawa sesaji. Selesai upacara, semua sesaji  dilarung ke Pantai Selatan itu.
    Ida Gunawan Putra Manuaba menjelaskan, upacara Melasti adalah penyucian diri dari segala kotoran lahir dan batin, menyambut Hari Raya Nyepi tahun saka 1939 atau tahun 2017 M. Melalui kegiatan ini diharapkan kehidupan bisa semakin harmonis, karena saling menyayangi dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan