SBMPTMu Untuk Input Berkualitas

JOGJA – Kali kedua Majelis Diktilitbang (Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan) PP Muhammadiyah menggelar SBMPTMu (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Muhammadiyah/‘Aisyiyah), seleksi bersama penerimaan mahasiswa baru di lingkup PTMA (Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah.

“Pelaksanaannya dilandasi semangat kebersamaan untuk membesarkan PTMA. Agar PTMA mendapatkan input yang baik sekaligus lulusan berkualitas sehingga dapat berkontribusi pada kesejahteraan masyarakat,” ujar Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof H Lincolin Arsyad MSc PhD, di kampus UMY, Senin (22/4).

Tahun lalu dikuti 12 PTMA khusus untuk prodi Pendidikan Dokter. Tahun ini diperluas, diikuti 67 PTMA yang tersebar di seluruh Indonesia dengan 881 prodi. “Seleksi menggunakan sistem Computer Based Test dan peserta dapat memilih lokasi tes terdekat,” jelas Lincolin kemudian.

SBMPTMu dibagi menjadi dua kelompok. Masing-masing untuk prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi dengan dua jenis tes yaitu Tes Kemampuan Akademik (verbal, numerik, logika) dan Materi Mata Pelajaran (Biologi, Kimia, Fisika, dan Bahasa Inggris), serta untuk prodi lain dengan materi tes yaitu Tes Kemampuan Akademik.

Keunggulan sistem pendaftaran online SBMPTMu, memudahkan calon mahasiswa memilih PTMA tujuannya. Cukup mendaftar melalui portal online sbmptmu.id dan melakukan pembayaran melalui transfer via Bank Mandiri Syari’ah terdekat.

“Pelaksanaannya pun diharapkan lebih fleksibel dan efisien karena dapat melayani calon mahasiswa dari berbagai wilayah,” tutur Ketua Panitia Pusat SBMPTMu, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP.

Dengan biaya pendaftaran Rp 750.000 untuk prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi, peserta mempunyai kesempatan memilih tiga prodi Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi di PTMA berbeda dan mengikuti ujian di lokasi terdekat.

Untuk prodi lain, biaya pendaftaran Rp 300.000 mempunyai kesempatan memilih empat prodi pada PTMA yang sama atau berbeda, serta dapat mengikuti ujian di lokasi terdekat.

Pendaftaran SBMPTMu untuk Pendidikan Dokter dan Dokter Gigi, 29 April – 3 Juli 2019. Calon peserta harus memenuhi syarat, lulusan SMA/MA jurusan IPA tahun 2017, 2018, atau 2019. Bagi peserta lulusan Paket C maksimal usia 21 tahun.

Calon peserta juga harus dalam keadaan sehat dan tidak buta warna. Pelaksanaan ujian, Ahad, 7 Juli 2019. Pengumuman peserta yang lolos seleksi, Kamis, 11 Juli 2019. Peserta yang lolos tahap ini akan mengikuti tes tahap selanjutnya di PTMA tujuan masing-masing.

Pendaftaran SBMPTMu prodi lain, 29 April – 17 Juli 2019. Calon peserta dipersyaratkan memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi. Pelaksanaan ujian, Ahad, 21 Juli 2019. Pengumuman, Kamis, 25 Juli 2019.

Untuk pendaftaran, peserta wajib mengunggah raport semester V bagi lulusan 2019 atau ijazah bagi lulusan 2018 dan sebelumnya, pas foto berwarna dan kartu identitas berfoto seperti KTP/paspor/SIM.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi sekretariat panitia pusat di Gedung Admisi Kampus Terpadu Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Jl Brawijaya, Tamantirto, Kasihan, Bantul, DIY, 55183. Telp (0274) 387656 ext 200. Fax (0274) 387646, WA: 081388111912, email sbmptmu@muhammadiyah.id, website:sbmptmu.id. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan