Sembilan PT Keroyok Peksiminas

Peksiminas: Rektor ISI Jogjakarta M Agus Burhan (kanan), Ketua Umum Panitia Peksiminas XIV Anusapati (tengah), serta Seksi Humas dan Publikasi Pamungkas WS SSn MSn menjelaskan tentang lomba dua tahunan itu, di kampus ISI Jogjakarta, Kamis (11/10).

Peksiminas: Rektor ISI Jogjakarta M Agus Burhan (kanan), Ketua Umum Panitia Peksiminas XIV Anusapati (tengah), serta Seksi Humas dan Publikasi Pamungkas WS SSn MSn menjelaskan tentang lomba dua tahunan itu, di kampus ISI Jogjakarta, Kamis (11/10).

JOGJA – Ada yang istimewa pada pelaksanaan Peksiminas (Pekan Seni Mahasiswa Nasional) tahun ini. Jika sebelumnya yang bertindak selaku tuan rumah hanya satu PT (perguruan tinggi) tapi pada pelaksanaan kali keempatbelas tahun ini, di Jogjakarta, ada sembilan PT yang terlibat.

Kemenristekdikti selaku penyelenggara, sebenarnya menunjuk ISI (Institus Seni Indonesia) Jogjakarta sebagai tuan rumah Peksiminas XIV tahun ini. Guna menjaga kualitas lomba, ISI Jogjakarta kemudian menggandeng delapan PT lain yang ada di Jogjakarta untuk secara bersama-sama melaksanakannya. Meliputi UGM, UNY, UAD, UAJY, USD, UKDW, Stikom Akindo, STPMD APMD.

“Peksiminas digelar setiap dua tahun sekali sebagai imbangan bagi mahasiswa agar tak hanya menguasai kompetensi pokoknya tapi juga mahir berkesenian. Sejatinya kesenian inheren dalam diri manusia. Tak terkecuai mahasiswa. Karena itulah Kemenristekdikti menyelenggarakannya,” ungkap Rektor ISI Jogjakarta, Prof Dr M Agus Burhan MHum, di kampus setempat, Kamis (11/10), berkaitan dengan pelaksanaan Peksiminas XIV, di Jogjakarta, 15-21 Oktober 2018.

Kegiatan lomba yang akan memperlombakan 15 tangkai lomba dan satu tangkai eksibisi itu dimaksudkan sebagai media ekspresi bakat dan kegiatan seni di kampus masing-masing sebagai prestasi penunjang bagi mahasiswa maupun bagi insitusi perguruan tinggi.

Ketua Umum Panitia Pelaksana Peksiminas XIV, Drs Anusapati MFA menjelaskan, 15 tangkai lomba meliputi tari, vokal grup, nyanyi tunggal pop pa/pi, nyanyi tunggal dangdut pa/pi, nyanyi tunggal keroncong pa/pi, nyanyi tunggal seriosa pa/pi, penulisan puisi, penulisan cerpen, penulisan lakon, baca puisi pa/pi, monolog, lukis, desain poster, fotografi hitam-putih dan warna, serta komikstrip. Satu tangkai lomba eksibisi, musik rebana.

Peksiminas yang diselenggarakan setiap tahun genap itu diperkirakan akan diikuti oleh tak kurang 1.500 duta seni termasuk pendamping dan ofisial asal 34 provinsi. Berbagai tangkai lomba itu akan digelar di beberapa perguruan tinggi tersebut. Dimulai dengan upacara pembukaan di lapangan Pancasila UGM, Selasa (16/10). “Rencana akan dibuka oleh Menristekdikti, dilanjutkan dengan makan malam di ISI Jogjakarta,” papar Anusapati.

Sebagai tuan rumah, DIY menargetkan menjadi juara umum. Sekaligus mempertahankan sebagai juara umum yang terakhir diraih pada Peksiminas XIII di Kendari, pada 2016. “Ada duapuluh satu medali emas yang akan diperebutkan. Mudah-mudahan para duta seni DIY bisa kembai juara umum,” tutur Sekretaris Umum Peksiminas XIV, Dr Cipto Budi Handoyo MPd asal UNY. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan