Sido Muncul Berbagi Dengan 1.000 Dhuafa

Berbagi: Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat (kiri) saat berbagi dengan kaum dhuafa berusia 72 tahun ke atas, di Balaikota Jogjakarta, Selasa (22/5).

Berbagi: Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat (kiri) saat berbagi dengan kaum dhuafa berusia 72 tahun ke atas, di Balaikota Jogjakarta, Selasa (22/5).

JOGJA – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, menyambut bulan Ramadhan, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menggandeng pemkot Jogjakarta membagi santunan uang tunai senilai Rp 150 juta untuk 1.000 kaum dhuafa. Bantuan diberikan langsung oleh direktur perusahaan tersebut, Irwan Hidayat, di balaikota setempat, Selasa (22/5).

“Setiap tahun saya selalu diingatkan oleh pak Haryadi (walikota Jogjakarta – red.) untuk datang ke sini. Dan saya selalu merasakan, tiap tiba bulan Ramadhan ciri yang tak pernah hilang adalah selalu menghasilkan kebaikan. Salah satunya, selalu memaafkan. Tapi jangan kemudian perbuatan baik itu jangan berhenti setelah bulan Puasa usai,” tutur Irwan di hadapan sejumlah kaum dhuafa yang berasal dari 14 kecamatan se kota Jogakarta itu.

Irwan yang lahir di Jogjakarta 72 tahun silam itu juga membeberkan sukses perusahaan jamu yang dirintis neneknya sejak 1947. “Bisa bertahan sampai sekarang karena kami selalu berupaya bagaimana perusahaan bisa bermanfaat bagi masyarakat. Saya berharap perusahaan lain pun bisa melakukan tindakan yang sama,” ujarnya seraya merendah, apa yang ia bagikan kali ini nilainya tidak seberapa tapi jangan kemudian dilihat dari nominalnya.

Walikota Jogjakarta H Haryadi Suyuthi mengemukakan, ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan perusahaan jamu tersebut. “Ini mendorong silaturahmi sehingga harapannya ke depan menjadi masyarakat yang kuat,” ujarnya seraya mengharapkan, yang sudah menerima tahun ini jangan lagi menerima tahun depan karena sudah tidak menjadi dhuafa lagi.

Ia pun menyatakan, sebaik-baik manusia adalah yang bisa bermanfaat bagi orang lain. “Ikuti semangat beliau (Irwan Hidayat – red.) sehingga menjadikan perusahaan menjadi kuat. Jadi, jadilah warga masyarakat yang kuat dan bermanfaat bagi sesama,” tandas Haryadi di hadapan penerima santunan yang memenuhi Grha Pandawa Balaikota Jogjakarta itu.

Perusahaan yang sama juga akan membagikan santunan bagi 1.000 anak yatim dan dhuafa di seputaran pabrik, di Ungaran, Semarang, 24 Mei mendatang. Acara serupa juga pernah dilangsungkan di beberapa kota, antara lain Jakarta, Depok, Bekasi, Karawang, Purwakarta, Tangerang Selatan, Bogor, Bandung, Semarang, Surabaya, Solo, Bali, Lampung, Medan, Banjarmasin, Makassar, dan beberapa kota lain.

Kegiatan lain yang juga selalu dilakukan adalah Mudik Gratis. Tahun ini mudik gratis rencannya akan dilaksanakan pada 9 Juni mendatang dari TMII Jakarta. Tak kurang dari 220 bus akan disiapkan. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini mudik gratis itu akan menggunakan bus ber-AC sehingga dipastikan lebih nyaman. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan