Survei Wisnus di GL Zoo

JOGJA (jurnaljogja) – Gembira Loka Zoo (GL Zoo) menjadi salah satu objek wisata di DI Jogjakarta (DIJ) yang disurvei, selain Taman Pintar dan Kids Fun. Survei tentang wisatawan nusantara (wisnus) dilakukan oleh petugas Asisten Deputi Analisis Data Pasar Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata.

Sulistiana, petugas yang mensurvei, menjelaskan, survei bertujuan untuk pengumpulan data pengunjung tentang daya tarik wisata (DTW) buatan. Selain itu untuk mengetahui profil pengunjung dari aspek geografis, demografis, psikografis dan perilaku. “Kami di Jogja fokus mensurvei mengenai daya tarik wisata buatan,” kata Tia, saat ditemui di sela mensurvei pengunjung GL Zoo, Sabtu (9/4).

Survei dilakukan melalui cara pengunjung diminta mengisi kuesioner. Menurut Tia, isian kuesioner itu nantinya sebagai bahan analisi profil wisata buatan. Yang hasilnya akan dijadikan dasar penyusunan kebijakan dan stategi pemasaran wisata buatan. “Pemerintahan Jokowi sudah menetapkan bahwa tahun 2016 pergerakan wisnus 260 juta orang dan pada 2019 mencapai 275 juta wisnus,” sebutnya.

Survei di tiga lokasi objek wisata buatan ini dilakukan bersamaan, oleh enam petugas Asisten Deputi Analisis Data Pasar Pariwisata Nusantara, Kementerian Pariwisata. “Ada lebih 200 responden yang kami minta mengisi kuesioner,” jelas Tia. (bam)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan