Tahun Depan Kampus Ini Targetkan Jadi BLU

Senam: Beberapa dosen dan karyawan mengikuti senam massal memperingati dies natalis ke-59 UPN Veteran Jogjakarta.

Senam: Sebagian dosen dan karyawan mengikuti senam massal memperingati dies natalis ke-59 UPN Veteran Jogjakarta.

SLEMAN – Belum lama menjadi PTN (perguruan tinggi negeri), namun tahun depan UPN (Universitas Pembangunan Nasional) ‘Veteran’ Jogjakarta menargetkan akan meningkatkan status institusi mereka menjadi BLU (Badan Layanan Umum). Upaya untuk mencapai target itu dimulai tahun ini, bertepatan dengan peringatan dies natalis ke-59.

“Ada sejumlah perkembangan yang telah mampu kami raih hingga peringatan dies tahun ini. Sedangkan untuk rencana ke depan, salah satunya kami menargetkan menjadi perguruan tinggi BLU. Saat ini UPN masih berstatus satker (satuan kerja) untuk perguruan tinggi,” ungkap Rektor UPN Jogjakarta Prof Dr Ir Sari Bahagiarti K MSc, di sela kegiatan senam massal, di halaman kampus setempat, Condongcatur, Sleman, DIJ, pekan kemarin.

Sebagai kampus yang kondang dengan sebutan sebagai kampus ‘bela negara’, UPN pun mengangkat tema Kampus Bela Negara Penegak Empat Pilar Kebangsaan sebagai tema dies natalis ke-59 tahun ini. “Sejak awal berdiri, kami memang diberi amanat itu dan kami akan terus memegang komitmen sebagai kampus bela negara,” tutur Sari kemudian.

Secara otomatis, UPN akan senantiasa memegang dan menegakkan empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). “Empat pilar kebangsaan harus dipahami secara utuh. Tidak bisa dimaknai sendiri-sendiri secara terpisah. Itulah salah satu ujud bela negara,” papar Sari.

Meski sudah menjadi PTN, namun UPN masih mengemban amanah untuk tetap menjadi universitas yang bercirikan bela negara. “Bela negara merupakan kebutuhan semua warga mengingat sesungguhnya bela negara merupakan media untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air warga kepada bangsa dan negaranya sendiri,” ungkapnya.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-59 UPNVY, Ir Tjukup Martono MT PhD mengatakan, selain sidang senat terbuka, berbagai rangkaian acara diselenggarakan dalam rangka memeriahkan dies natalis. Antara lain seminar dan lokakarya nasional, musyawarah nasional ikatan ahli teknik mineral, pekan kewirausahaan mahasiswa, jalan sehat, agro expo, serta berbagai kegiatan lainnya. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan