Tak Ada Vaksin Palsu di Jogja

Logo pemkot

JOGJA – Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta memastikan, tak ditemukan adanya vaksin palsu yang masuk ke kota Yogya. Masyarakat juga diimbau tidak usah panik melakukan imunisasi ulang. Sejak terungkapnya pemalsuan vaksin hingga saat ini, pun belum ada laporan resmi terkait gangguan kesehatan balita akibat kesalahan imunisasi.

“Dari pemantauan di lapangan, penelusuran di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama maupun lanjutan, kami memastikan tidak ada vaksin palsu beredar di kota Yogya,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dr Fita Yulia MKes, kepada wartawan, di Yogyakarta, Kamis (30/6) petang.

Fita pun memastikan, seluruh vaksin program yang ada di Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta asli berasal dari Kementerian Kesehatan. “Vaksin tersebut didistribusikan ke puskesmas. Bahkan fasiltas pelayanan kesehatan lainnya yang ada di wilayah setempat dapat mengambil vaksin ke puskesmas dengan format yang ada secara gratis,” jelasnya.

Kendati di kota Yogya tak ditemukan vaksin palsu, tapi sebagai tindaklanjut seiring terungkapnya pemalsuan vaksin, akan dilakukan pembinaan dan pengawasan regional di kota Yogya dengan mensosialisasikan buku pedoman SOP atau standar operasional penyelenggaraan imunisasi.

“SOP tersebut meliputi SOP pengambilan vaksin dan pelarut program imunisasi dari dinas kesehatan, SOP penyimpanan vaksin dan pelarut program imunisasi tingkat puskesmas, SOP pelayanan imunisasi oleh petugas kesehatan di puskesmas dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya, serta SOP teknik pengelolaan limbah medis imunisasi puskesmas,” papar Fita kemudian. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan