Tamansiswa Perlu Revolusi Total

IMG_20160926_122047
JOGJA (jurnaljogja.com) – Guru Besar dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta, Prof Dr Ir Cahyono Agus Dwi Koranto M.Agr.Sc U mengatakan, untuk mewujudkan renainsans (melahirkan kembali) Tamansiswa yang bermartabat dan bekelanjutan, maka perlunya revolusi total di segala bidang. Terutama pada program berbasis kinerja, dengan indikator perbaikan input, proses, output dan outcomes yang terpadu, menyeluruh serta  tidak egosentris.
“Sehingga dapat dirasakan secara nyata berupa kesejahteraan bersama, bermartabat dan berkelanjutan pada aspek ekonomi, lingkungan dan sosial budaya,” ujarnya  pada seminar nasional dalam rangka Dies Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Jogjakarta di Kampus Pusat UST Jalan Kusumanegara, Jogjakarta, Kamis (22/9). Seminar  dibuka mantan Wakil Presiden RI, Jenderal (Purn) Tri Sutrisno.
Menurutnya, untuk mencapai itu diperlukan ‘strong strategic, strong leadership, strong regulation, strong implementation, strong commitment, strong participation’ untuk menciptakan pengelolaan sumber daya yang mampu mendukung lingkungan dan kehidupan yang bermartabat dan berkelanjutan. Pemberdayaan sumber daya secara sinergis dan optimal agar seluruh stake holder mempunyai kemampuan, kemauan, kesempatan dan kewenangan untuk berkontribusi nyata dan mendapatkan manfaat optimal.
Prof Cahyono menilai, program renainsans Tamansiswa untuk pembentukan karakter bangsa bagi generasi emas Indonesia yang bermartabat dan berkelanjutan sangat penting untuk segera diimplementasikan, namun diperlukan penyempurnaan radikal. Sehingga formulasinya harus lebih cerdas, luas, mendalam, futuristik, mempunyai roh EfSD, terstruktur, konsisten, kompak, menyeluruh, harmonis, utuh dan bercirikan ‘outcomes based program’. (bam)
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan