Tenaga Honorer Terharu Dilantik Jadi PNS

JOGJA (jurnaljogja) – Sebanyak 360 calon pegawai negeri sipil (CPNS) kategori II atau PNS K.II tampak terharu ketika secara resmi dilantik menjadi PNS di lingkungan kerja Pemkot Jogjakarta. Pelantikan dilakukan oleh Wali Kota Haryadi Suyuti, Senin (28/3).

Haryadi berharap mereka menjadi panutan bagi masyarakat  sekitar, keluarga dan agama. Selain menjalani amanah sebagai PNS Pemkot Yogyakarta,  dengan penuh tanggungjawab. Sebagai PNS, mereka harus  bekerja dengan baik. ”Jangan kewajiban jadi hak. Anda sebagai PNS, kewajibannya adalah bekerja dengan baik. Penuhi jam kerja,” pesannya..
Menjadi PNS, kata Haryadi, adalah sebuah amanah. Amanah yang mengandung makna tanggung jawab. Menurutnya, ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian, yakni tes (dicoba), trust (dipercaya) dan temporary (sementara).  Para PNS diharapkan menambahkan T keempat, yaitu tanggung jawab.
Menurut Haryadi, PNS wajib menjauhi narkoba dan tindakan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). ”Saya pastikan bahwa saudara adalah rekan-rekan kerja saya. Aparatur Sipil Negara Kota Jogyakarta yang bebas narkoba. Jauhkan KKN. Hindari hal seperti itu. Jadilah PNS yang baik, yang bisa menjadi panutan keluarga dan panutan masyarakat,” tegasnya.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Jogyakarta, Drs Maryoto mengatakan, ke-360 CPNS yang baru saja dilantik itu terdiri dari golongan I sebanyak 19 orang, golongan II 164 orang, dan golongan III sebanyak 177 orang. Mereka adalah eks pegawai honorer kategori II yang telah dinyatakan lulus seleksi CPNS pada 2013 lalu.
Menurut kedudukannya, mereka terdiri dari guru SD 102 orang, guru SMP  27 orang, guru SMA 16 orang, dan  guru SMK 58. Sisanya pranata laboratorium RSUD  dan tenaga administrasi 155 orang. Tukijo SPd dari SD Badran disebutnya merupakan pegawai terlama mengabdi, dengan masa kerja (honorer) selama 30 tahun, disusul Ibu Peni dari SD Bhayangkara dengan lama pengabdian 25 tahun. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan