Tinggi Minat Mahasiswa Akses Beasiswa

Beasiswa: Melalui program CSR, BRI menyerahkan beasiswa Rp 100 juta kepada 20 mahasiswa berprestasi UPNVY, di kampus setempat, Jumat (21/12).

Beasiswa: Melalui program CSR, BRI menyerahkan beasiswa Rp 100 juta kepada 20 mahasiswa berprestasi UPNVY, di kampus setempat, Jumat (21/12).

JOGJA – Melalui program CSR (Corporate Social Responsibility), BRI menyalurkan beasiswa bagi 20 orang mahasiswa berprestasi UPNVY (Universitas Pembangunan Nasional ‘Veteran’ Yogyakarta). Seleksi ketat pun terpaksa dilakukan mengingat animo mahasiswa sangat besar.

“Sebenarnya, yang berminat banyak. Akhirnya, kami menyerahkan langsung kepada BRI untuk melakukan seleksi. Akhirnya terjaring dua puluh mahasiswa tersebut,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama UPNVY, Singgih Saptono, saat penyerahan beasiswa tersebut, di kampus setempat, Jumat (21/12).

Beasiswa tersebut diberikan sebesar Rp 5 juta per mahasiswa per tahun. “Untuk sementara, beasiswa diberikan sebesar itu dan selama setahun. Nanti kalau program CSR itu masih berlanjut, bisa dilakukan seleksi berikutnya,” tutur Singgih kemudian.

Bukan hanya beasiswa, namun Singgih mengharapkan, kerjasama dengan BRI itu bisa diperluas untuk program-program yang lain. Atau, bahkan program beasiswa yang sama diperbesar sehingga akan lebih banyak lagi mahasiswa yang bisa menerima.

“Kami yakinkan BRI tak akan kesulitan mencari mahasiswa berprestasi di UPN saat ini, karena mahasiswa yang bisa diterima di UPN saat ini benar-benar pilihan,” kata Singgih seraya menjelaskan, jumlah pendaftar di UPNVY saat ini mencapai sekitar 57.000 orang, sementara yang diterima hanya sekitar 2.700 orang, sehingga persaingan untuk masuk ke UPNVY saat ini benar-benar ketat.

Wakil Pimpinan Kanwil BRI DIY, M Fikri Satriawan menyatakan, sudah menjadi komitmen BRI untuk memberi manfaat sebesar-besarnya bagi lingkungan. “BRI memang mencari profit. Tapi tujuan kami tak semata-mata itu. Ada program CSR. Termasuk untuk mahasiswa UPN kali ini,” tandasnya.

Fikri juga menyampaikan harapannya agar kerjasama antara UPN dengan BRI bisa diperluas ke depannya. “Saat ini sudah ada Kantor Kas di kampus ini. Barangkali, ke depannya bisa dikembangkan menjadi Kantor Cabang Pembantu atau bahkan Kantor Cabang,” paparnya lebih jauh.

Pengembangan kerjasama, misalnya pembayaran SPP mahasiswa, yang saat ini belum terealisasi. “Di masa mendatang, barangkali bisa pula kartu mahasiswa maupun kartu pegawai di-branding sehingga sekaligus bisa dipergunakan sebagai kartu pembayaran. Dan, saya kira, masih banyak lagi program yang kemungkinan bisa dikerjasamakan di masa mendatang,” tegas Fikri. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan