Tinggi, Minat Pemuda Ikuti Kompetisi SOPREMA

JOGJA (jurnaljogja.com) – Minat orang muda untuk turut  dalam Kompetisi Sociopreneur Muda (SOPREMA) 2016 cukup tinggi. Hingga kini lebih dari 300 tim maupun perorangan telah mendaftarkan diri dalam kompetisi memperebutkan hadiah total Rp 300 juta itu.
Kompetisi menghadirkan enam kategori lomba, dan kategori industri kreatif menjadi magnet terbesar  para pendaftar,  rentang usia 16-30 tahun.  Para peserta kompetisi berasal dari beragam latar-belakang daerah, seperti Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa Tenggara.
Salah satu pendaftar, Tim Eragon dari  Jogja mengaku antusias dengan kompetisi ini.  “Kami sudah mengunggah proposal lengkap ke SOPREMA, semoga sukses,” kata Irvandias Sanjaya dari Tim Eragon.
Direktur pelaksana SOPREMA, Dr Hempri Suyatna berharap minat yang tinggi dari para pemuda tersebut  diimbangi dengan luasnya sebaran geografis dari para pendaftar. Khususnya pendaftar dari wilayah-wilayah lain yang saat ini belum sempat mendaftarkan diri atau mengirimkan proposal bisnis. Untuk alasan itulah, panitia memutuskan untuk memperpanjang pendaftaran hingga 30 Juni 2016. Ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada para pendaftar baru dan pendaftar lama menyelesaikan proposal bisnis mereka.
Para peserta yang lolos babak kualifikasi akan diajak mengunjungi beberapa pegiat sociopreneur di DIJ, yaitu Osiris dan Bank Sampah Gemah Ripah pada kegiatan puncak SOPREMA 5-7 September 2016. Osiris di Sidomulyo, Bantul memroduksi es krim dari olahan buah naga dengan memberdayakan para penyandang disabilitas. Bisnis Osiris tersebut tidak hanya meningkatkan taraf hidup, tetapi juga mampu melawan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas. Pasalnya, selama ini disabilitas dipandang sebagai kelompok yang tidak produktif di masyarakat.
Pendaftaran dan unggah proposal Kompetisi SOPREMA Indonesia 2016 berakhir pada 30 Juni 2016. Sembilan puluh proposal terbaik akan diumumkan pada 20 Juli nanti. Pendaftaran dapat dilakukan di situs resmi SOPREMA, yaitu soprema.fisipol.ugm.ac.id. (bam)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan