Tour de Menoreh Buktikan Wisata Kulonprogo Aman

Tour de Menoreh: Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, R Isnanta, mengibaskan bendera tanda dimulainya kegiatan bersepeda, Tour de Menoreh, di depan rumah dinas bupati Kulonprogo, Sabtu (2/12).

Tour de Menoreh: Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, R Isnanta, mengibaskan bendera tanda dimulainya kegiatan bersepeda, Tour de Menoreh, di depan rumah dinas bupati Kulonprogo, Sabtu (2/12).

WATES – Kegiatan bersepeda Tour de Menoreh, yang digelar di Kulonprogo, DIJ, Sabtu (2/12), menunjukkan wisata di kabupaten tersebut aman kendati sebagian wilayahnya terdampak siklon tropis Cempaka dan Dahlia.

“Kegiatan ini sebagai bukti kepada dunia, Jogjakarta, Kulonprogo, aman. Bencana akibat siklon tropis Cempaka maupun Dahlia tak membuat kabupaten ini terpuruk,” ujar Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, R Isnanta, yang menyertai Bupati maupun Wakil Bupati Kulonprogo, memberangkatkan peserta Tour de Menoreh.

Diikuti tak kurang dari 500 orang penggowes, pria, perempuan, tua, maupun muda, Tour de Menoreh menempuh jarak 100 kilometer. Selain berolahraga, para peserta juga akan ditunjukkan objek-objek maupun spot-spot wisata di kabupaten yang terletak di sisi barat DIJ itu.

“Kami memberikan apresiasi tinggi kepada pemerintah kabupaten Kulonprogo yang berhasil menggelar kegiatan bersepeda ini, sekaligus menunjukkan berbagai potensi wisata yang dimiliki. Saya kira ini acara yang bagus. Boleh dikata, inilah ujud nyata sport tourism,” tandas Isnanta kemudian.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo pun mengemukakan, para peserta akan diperkenalkan dengan beberapa tempat wisata di sepanjang rute yang mereka lalui. “Ini memang kami desain untuk memfasilitasi kegemaran masyarakat berolahraga sepeda, sekaligus mengenalkan potensi wisata yang ada,” katanya.

Dengan mampir ke tempat-tempat wisata tersebut, tutur Hasto, barangkali ada peserta yang kemudian tertarik untuk berinvestasi. “Apakah itu di bidang kuliner, penginapan, maupun fasilitas wisata lainnya,” imbuhnya.

Meski tak menyebut jumlah kunjungan wisata ke Kulonprogo saat ini, namun Hasto mengharapkan, melalui kegiatan olahraga sepeda ini jumlah kunjungan wisata ke Kulonprogo meningkat. “Jika memang berdampak positif, dan saya yakin begitu, Tour de Menoreh¬†akan kami jadikan gelaran rutin setiap tahun,” papar bupati lebih jauh. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan