UII Miliki Pembangkit Listrik Hydrogen Fuel Cell

foto uii

JOGJA – Tim Hydrogen Fuel Cell – Electro Project UII telah berhasil mengembangkan sekaligus membangun pembangkit listrik Hydrogen Fuel Cell. Menjulangkan inovasi berkelanjutan terkait energi baru dan terbarukan, pembangunan pembangkit listrik itupun sesuai rencana strategis UII 2018-2022.

“Sekaligus untuk membangun rekognisi internasional pula,” ungkap Ketua Prodi Teknik Elektro FTI UII, Yusuf Aziz Amrullah ST MEng PhD, saat peluncuran pembangkit listrik tersebut, di kampus FTI UII, Jalan Kaliurang Km 14,5 Jogjakarta, Jumat (18/1).

Pembangkit listtrik tersebut bersumber dari potensi sumber energi Hydrogen Fuel yang ada, untuk pemenuhan kebutuhan listrik gedung pada institusi pendidikan, FTI UII. Pembentukan tim, untuk melakukan perencanaan, studi kelayakan, serta implementasi teknologi energi baru dan terbarukan.

Tim kemudian melakukan proses pra studi kelayakan awal dengan melakukan studi potensi sumber energi baru yang cocok digunakan untuk area gedung FTI. Akhirnya dipilih energi Hydrogen Fuel Cell dengan potensi energi yang mampu dikonversikan menjadi energi listrik sebesar 2.5 kW.

“Melalui kerjasama dengan instansi lain terkait hibah modul serta kontraktor pelaksana pembangunan dan instalasi kelistrikannya, pembangunan pembangkit listrik Hydrogen Fuel Cell dengan kapasitas 2.5 kW itupun telah selesai,” tutur Yusuf.

Sistem yang dibangun juga telah berjalan sempurna. Pembangkit listrik itu diharapkan mampu menjadi proyek percontohan yang dapat mengedukasi serta dapat memberikan inspirasi terkait pemanfaatan potensi-potensi sumber energi baru dan terbarukan yang ada di sekeliling guna pemenuhan kebutuhan listrik, khususnya di institusi pendidikan.

“Sekaligus sebagai pusat edukasi dan penelitian di bidang energi baru dan terbarukan, khususnya terkait dengan Hydrogen Fuel Cell di Jogjakarta,” harap Yusuf kemudian. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan