UIN Suka Menuju World Class University

IMG_20170525_220720
Wisuda UIN Suka, di kampus setempat, Rabu (24/5).
 
JOGJA – Pengembangan kampus sekarang ini begitu cepat. Ditandai dengan makin beragam kebutuhan profesi dalam segala bidang pekerjaan. UIN Suka (Universitas Islam Negeri ‘Sunan Kalijaga’) Jogjakarta pun berupaya menuju universitas berkelas dunia guna menguatkan posisi perguruan tinggi sebagai lembaga penghasil tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing global.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga UIN Suka, Prof Dr H Sutrisno MAg mengemukakan hal itu, saat upacara wisuda periode III tahun akademik 2017/18, di gedung Multipurpose kampus setempat, Rabu (24/5).
UIN Suka terus memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama internasional dalam rangka memantapkan diri menjadi World Class University. Salah satu upayanya dengan menyiapkan penerbitan SK:IJIC (Sunan Kalijaga: International Journal of Islamic Civilization).
“Masih dalam rangka menuju World Class University, UIN Suka dan Universitas Georg August Gottingen menyepakati kerjasama baru scholars exchange selama lima tahun, berupa program pertukaran dosen untuk memberikan kuliah di masing-masing institusi,” papar Sutrisno.
Penguatan mutu secara internal juga terus ditingkatkan. Salah satunya melalui visitasi assessment mutu AUN-QA (Asean University Network-Quality Assurance). Untuk tahap pertama, asesmen dilakukan pada dua prodi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan serta Pendidikan Kimia Fakultas Sains dan Teknologi.
“Kedua program studi itu dipilih karena telah memiliki skor A untuk akreditasi nasional BAN-PT dan pertimbangan kemampuan kedua prodi tersebut menyusun Self Assessment Report AUN-QA,” tutur Sutrisno di hadapan 749 orang lulusan program Diploma (D3), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).
Sejumlah wisudawan tersebut berasal dari Fakultas Adab dan Ilmu Budaya 72 orang, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (111), Fakultas Syari’ah dan Hukum (93), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (88), Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam (77), Fakultas Sains dan Teknologi (80), Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (33), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (106), serta program Pascasarjana (78). (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan