UIN Suka Segera Menjadi PTN-BH

 IMG_20170223_145234
Rektor UIN Suka Yudian Wahyudi menyerahkan ijazah pada salah seorang wisudawan.
JOGJA – Guna meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap membuka akses seluasnya bagi masyarakat, UIN Suka (Universitas Islam Negeri – Sunan Kalijaga) Jogjakarta akan segera meningkatkan status dari PTN-BLU (Perguruan Tinggi Negeri – Badan Layanan Umum) menjadi PTN-BH (PTN – Badan Hukum).
“Menjadi PTN-BH tidak bertujuan untuk melakukan komersialisasi pendidikan,” tegas Rektor UIN Suka Jogjakarta, Prof Drs KH Yudian Wahyudi MA PhD, di hadapan peserta wisuda periode II tahun akademik 2016/17, di kampus setempat, Rabu (22/2).
Dengan menjadi PTB-BH, UIN Suka akan memiliki keluasan pengelolaan akademik seperti kewenangan untuk membuka dan menutup program studi. “Di bidang nonakademik akan memiliki kewenangan untuk mengelola badan usaha yang pendapatannya tidak masuk sebagai pendapatan negara bukan pajak,” tutur Yudian.
Tidak mudah, namun sejumlah syarat untuk menjadi PTN-BH, sebagian telah terpenuhi. Seperti, akreditasi institusi harus ‘A’ dan minimal 50 persen program studi harus terakreditasi ‘A’.
“Bahkan kami saat ini sedang mempersiapkan diri untuk mendapat sertifikasi dari AUN-QA, ASEAN University Network – Quality Assurance, lembaga akreditasi perguruan tinggi internasional yang berbasis di Asia. Kami juga akan mengejar sertifikasi dari ISESCO, Islamic Educational Scientific and Cultural Organization,” ungkap Yudian kemudian.
Selain itu, UIN Suka juga pernah mendapatkan penilaian keuangan WTP (Wajar Tanpa Syarat). Prestasi mahasiswa di tingkat internasional juga cukup banyak. Pun, memiliki sejumlah unit usaha seperti Hotel University yang menjadi penopang kekuatan BLU. “Ke depan, unit-unit usaha itu akan terus ditambah. Salah satunya, kami berencana membangun Gedung Swalayan dan Cafe,” papar Yudian.
Dengan demikian, UIN Suka telah memiliki cukup modal untuk menjadi PTN-BH. Karena itu, Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Prof Dr Phil Kamaruddin Amin MA, meminta UIN Suka agar mengajukan diri menjadi PTN-BH. “Untuk itu kami telah membentuk tim guna mempersiapkan syarat-syarat pengajuan menjadi PTN-BH,” tandas Yudian.
Pada kesempatan itu, UIN Suka mewisuda 621 orang. Dengan rincian, lulusan D3 satu orang, S1 (511), S2 (103), dan S3 (6). Hingga saat ini jumlah alumni UIN Suka tercatat 53.276 orang, dengan 529 orang di antaranya bergelar Doktor dan 4.299 bergelar Magister. (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan