UMY Lirik Perguruan Tinggi Taiwan

Taiwan: Ratusan siswa dan mahasiswa DIJ antusias mengunjungi pameran pendidikan tinggi Taiwan, di Sportorium UMY, Kamis-Jumat (14-15/12).

Taiwan: Ratusan siswa dan mahasiswa DIJ antusias mengunjungi pameran pendidikan tinggi Taiwan, di Sportorium UMY, Kamis-Jumat (14-15/12).

BANTUL – Untuk kali pertama UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) sukses menggelar Taiwan Higher Education Fair. Bekerjasama dengan Asia University, Taiwan, acara di Sportorium UMY selama dua hari dan berakhir Jumat (15/12), itu diikuti 23 perguruan tinggi asal Taiwan.

“Kesempatan baik bagi ratusan siswa-siswi dan mahasiswa di DIJ yang hadir untuk menambah informasi bagi yang berminat melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi,” ujar Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP.

Kemajuan teknologi yang kita rasakan saat ini sudah banyak sekali mengubah dunia dan kita tak perlu jauh-jauh melihat buktinya. Taiwan yang tergolong baru merupakan salah satu negara maju di daratan Asia. Termasuk sistem pendidikan yang mereka miliki. Dari 23 pendidikan tinggi yang turut serta dalam pameran ini 16 di antaranya masuk dalam jajaran 500 universitas top dunia.

Selain Asia University Taiwan, acara ini juga didukung TETO (Taipei Economic and Trading Office) yang sebelumnya sudah sering bekerjasama dengan UMY. Sejak 2004, terutama dalam pertukaran pelajar dari UMY maupun dari berbagai universitas Taiwan.

Hubungan itu semakin dikuatkan dengan pendirian TEC (Taiwan Education Center) di UMY yang nantinya akan menjadi pusat informasi bagi masyarakat mengenai berbagai fasilitas yang ditawarkan perguruan tinggi di Taiwan. Termasuk informasi mengenai beragam beasiswa dan pendampingan yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi beban biaya pendidikan jika berminat melanjutkan studi ke Taiwan.

“Kita berusaha melakukan kegiatan nyata dan menghasilkan sesuatu yang kongkrit secara bersama terlebih dahulu ketimbang mengawalinya dengan penandatanganan naskah kerjasama. Bahkan people-to-people, seperti program joint research. Sekaligus sebagai usaha memperkuat hubungan bilateral Taiwan dan Indonesia,” papar Gunawan.

President Asia University Taiwan, Jeffrey JP Tsai mengemukakan, pameran ini juga menjadi kesempatan yang baik bagi Taiwan untuk memperkenalkan sistem pendidikan mereka. “Sebaliknya, momen yang baik bagi para pelajar Indonesia untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik yang kami tawarkan,” katanya.

Ia mengajak seluruh pengunjung menyambangi berbagi stan yang ada untuk mengetahui apakah yang dibutuhkan ada di salah satu atau lebih perguruan tinggi yang mengikuti pameran. “Ini penting. Sebagai masa depan negara ini, mendapatkan pendidikan terbaik serta tepat merupakan modal awal untuk membangun Indonesia,” ujar Jeffrey. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan