Universitas Ini Berhasil Lakukan Reformasi Birokrasi

Karya Cendekia: Sebanyak 10 orang wisudawan UPNVY menerima penghargaan 'Karya Cendekia', pada wisuda di kampus setempat, Sabtu (13/1)

Karya Cendekia: Sebanyak 10 orang wisudawan UPNVY menerima penghargaan ‘Karya Cendekia’, pada wisuda di kampus setempat, Sabtu (13/1)

SLEMAN – Menjadi PTN (perguruan tinggi negeri) yang unggul telah menjadi komitmen bagi UPNVY (Universitas Pembangunan Negeri ‘Veteran’ Yogyakarta). Terbukti dengan predikat baik terkait road map, peta jalan, reformasi birokrasi UPNVY 2017-2019 yang dievaluasi oleh Tim Kemenristekdikti.

Pada peta jalan tersebut, UPNVY menargetkan Quick Win yaitu Sistem Informasi Terintegrasi, dan telah dilaksanakan sejak Januari 2017. “Belum banyak jumlah perguruan tinggi di Indonesia yang melaksanakan reformasi birokrasi saat ini. Dan UPN salah satunya,” ujar Rektor UPNVY, Prof Dr Ir Sari Bahagiarti MSc, pada wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister, di kampus setempat, Sabtu (13/1).

UPNVY mengkonsolidasikan semua potensi yang dimiliki guna bertransformasi menjadi PTN yang unggul dengan karakter dan semangat bela negara. “Sejumlah upaya yang tengah dilakukan, antara lain perbaikan sarana dan prasarana, peningkatan budaya riset dan inovasi, peningkatan kapasitas SDM universitas, dan perluasan kemitraan di tingkat internasional,” tutur Sari.

Selain itu di usianya yang ke-59 tahun, UPNVY telah menorehkan prestasi mendapatkan peringkat satu dalam Pemeringkatan Kampus Bela Negara Indonesia, kerjasama antara UPNVY, Kemenristekdikti, dan Kementerian Pertahanan, pada Desember 2017.

Kepada para wisudawan, rektor berpesan, supaya terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan menciptakan ragam inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era global.

“Saya harapkan bekal ilmu di bangku kuliah dapat Saudara manfaatkan sebagai bekal untuk turut membangun bangsa dan negara Indonesia tercinta secara cerdas, keras, dan ikhlas dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas,” tandas Sari.

Dari 554 orang wisudawan, sebanyak 10 wisudawan menerima penghargaan Karya Cendekia. Penghargaan yang diberikan kepada mahasiswa dengan prestasi akademis, lulus dalam waktu singkat, berprestasi di luar kampus, dan aktif di kegiatan organisasi maupun sosial.

Terpilih Benny Ariandy Saputra dari prodi Teknik Perminyakan dengan total nilai 696 menjadi urutan pertama peraih penghargaan. Disusul Bella Wijdani Sakina dari prodi Teknik Geologi dengan nilai 509 dan Edi Satriawan dari prodi Teknik Pertambangan dengan nilai 490. Ketiganya berhak mendapatkan hadiah laptop. Sedangkan tujuh orang lainnya mendapatkan bingkisan. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan