Upacara Adat Saparan Bekakak Kecamatan Gamping “Juarai” Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya

SLEMAN (jurnaljogja.com) – Kontingen Upacara adat Saparan Bekakak dari Kecamatan Gamping berhasil meraih sebagai Penyaji terbaik I pada Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Kabupaten Sleman 2015 yang diselenggarakan Sabtu – Minggu, 5 – 6 September 2015 di taman parkir Meseum Gunungapi Merapi (MGM). Upacara Adat Saparan Bekakak ini mampu menyisihkan 16 Kecamatan lainnya se Kabupaten Sleman. Penyerahan kejuaraan disampaikan oleh Kepala dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM. Minggu 6 September 2015 di taman parkir Meseum Gunungapi Merapi (MGM).
Diselenggarakannya Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Sleman tersebut disamping untuk memberikan hiburan kepada masyarakat juga sebagai upaya pelestarian, pengembangan dan pemanfaatan budaya khususnya upacara adat dan tradisi budaya di wilayah Sleman serta penguatan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal pada masyarakat.
Fest Upacara Adat 2015 (197)
Adapun urutan kejuaraan Festival Upacara Adat dan Tradisi Budaya Sleman Sleman tersebut adalah sebagai Penyaji terbaik I Upacara Adat Saparan Bekakak dari Kecamatan Gamping dengan nilai 907 mendapat uang pembinaan Rp. 6 juta dan tropy, Penyaji terbaik II Upacara Adat Labuhan Merapi dari Kecamatan Cangkringan dengan nilai 840 mendapat Rp. 5 juta dan tropy, Penyaji terbaik III Tradisi Budaya Saparan Kwagon dari Kecamatan Godean dengan nilai 832 mendapat Rp. 4 juta dan tropy, Penyaji terbaik IV Tradisi Budaya Tingkeban dari Kecamatan Depok dengan nilai 821 mendapat Rp.3 juta dan Penyaji terbaik V Tradisi Budaya Merti Sendang Lojajar dari Kecamatan Ngaglik dengan nilai 808 mendapat Rp. 2 juta. Sedangkan Dewan Juri dalam penyelenggaraan Festival ini yaitu Juri I Dr. Agung Suryahadi, Juri II Drs. Suharyoso, M.Sn dan Juri III Purwatmadi
Fest Upacara Adat 2015 (182)
Terkait dengan penyelenggaraan festival ini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM, mengungkapkan bahwa pihak pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengharapkan agar festival ini dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap upacara adat di wilayah Kabupaten Sleman dan sebagai sarana menginternalisasi simbol-simbol nilai-nilai tradisi budaya masyarakat di era globalisasi.
Fest Upacara Adat 2015 (179)
Dikatakan bahwa Upacara Adat dan Tradisi Budaya merupakan produk budaya lokal yang memiliki fungsi penguatan antara manusia dengan Tuhan, Identitas budaya, pewarisan nilai inspirasi gagasan dan ilmu, pemberdayaan pelaku budaya, pengembangan potensi ekonomi masyarakat serta pengembangan kebudayaan.
CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan