Warga Thailand Terkesan Perjuangan Ahmad Dahlan

Wisuda: Rektor UAD Dr H Kasiyarno MHum menyalami wisudawan asal Thailand, Mus-Ab Buenae, pada wisuda UAD periode Juli 2018, di JEC, Sabtu (28/7).

Wisuda: Rektor UAD Dr H Kasiyarno MHum menyalami wisudawan asal Thailand, Mus-Ab Buenae, pada wisuda UAD periode Juli 2018, di JEC, Sabtu (28/7).

JOGJA – Seorang warga Thailand, Muhammad Alawee Buenae, sangat terkesan dengan perjuangan KH Ahmad Dahlan. Memerangi penjajahan melalui pengembangan pendidikan. Karena itu, ia kemudian mengirim anak sulungnya menempuh studi S1 hingga S2 ke Universitas Ahmad Dahlan Jogjakarta.

“Saya banyak membaca tentang Kiai Ahmad Dahlan dan saya sangat terkesan. Alasan itulah yang kemudian membuat saya bertekad untuk mengirim anak lelaki saya ke sini (UAD – red.),” ujar Buenae di sela mendampingi anak sulungnya, Mus-Ab Buenae, mengikuti wisuda UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Jogjakarta periode Juli 2018, di gedung JEC (Jogja Expo Centre) Jogjakarta, Sabtu (28/7).

Datang bersama isteri dari Pattani, Thailand Selatan, Buenae terlihat sangat bahagia anak sulungnya mampu menyelesaikan studi S2 Magister Psikologi dengan predikat ‘sangat memuaskan’ dengan tesis Efektifitas Peningkatan Komitmen Kerja Guru Melalui Pelatihan Soft Skill Dengan Model CTA (Camp Training of Adventure) pada Guru Di Daerah Konflik.

Bukan hanya Mus-Ab, pada kesempatan itu UAD juga mewisuda tiga orang mahasiswa asing lainnya, asal China. Masing-masing Peng Licheng prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan predikat ‘sangat memuaskan’, Wu Junhong Manajemen Pendidikan S2 ‘memuaskan’, dan Liang Jibing Manajemen Pendidikan S2 ‘memuaskan’.

Keseluruhan, UAD pada kesempatan itu mewisuda 1.020 orang lulusan. Terdiri dari 916 lulusan S1 dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) rata-rata 3,4 naik 0,08 poin dibandingkan periode wisuda sebelumnya, serta 104 lulusan S2 dengan IPK rata-rata 3,7 naik 0,02 poin.

Dengan demikian, tutur Rektor UAD Dr H Kasiyarno MHum, alumni UAD hingga saat ini berjumlah 43.742 orang. “Atas nama seluruh warga UAD kami mengucapkan selamat kepada wisudawan atas keberhasilannya. Semoga sukses selalu menyertai,” katanya.

Wisudawan S1 dengan lulusan tercepat, dengan masa studi 3 tahun 6 bulan 23 hari diraih wisudawan prodi Farmasi atas nama Inda Asriani dengan IPK 3,89. Wisudawan termuda Umratun makmur prodi Pendidikan Bahasa Inggris dengan IPK 3,77 usia 19 tahun 7 bulan 3 hari.

Wisudawan terbaik pertama hingga ketiga, berturut-turut Rachmat Bagus Wibowo prodi Akuntansi dengan IPK 3,97; Deviani Nurul Khasanah prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) dengan IPK 3,96; dan Cahaya Annisaa Fathonah prodi Teknik Industri dengan IPK 3,95. (rul)

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan