Wisudawan USD Masuk Kelompok Elit

 IMG_20170418_024441
Upacara wisuda USD, di kampus setempat, Sabtu (8/4).
JOGJA – Upacara wisuda USD (Universitas Sanata Dharma) Jogjakarta periode II 2016/17, di kampus setempat, Sabtu (8/4), menjadi prosesi yang istimewa. Merupakan upacarwisuda kali pertama setelah perguruan tinggi itu mengantongi akreditasi institusi kategori ‘A’.
“Anda menjadi wisudawan yang sangat elit karena hanya ada lima puluh perguruan tinggi negeri dan swasta yang terakreditasi ‘A’ dari sekitar empat ribu lima ratus perguruan tinggi di Indonesia,” ujar Rektor USD, Johanes Eka Priyatma MSc PhD, di hadapan para wisudawan.
Pada kesempatan itu, 749 orang mengikuti upacara wisuda dari jumlah total lulusan untuk semua program studi periode September 2016 sampai dengan Februari 2017 sebanyak 834 orang.
Dengan mengantongi akreditasi ‘A’, lanjut Eka, pemerintah mengakui kualitas unggul USD dalam memenuhi tujuh kriteria utama mencakup kualitas kelembagaan, tatakelola, mahasiswa, lulusan, sumberdaya manusia, kurikulum beserta sistem pembelajarannya, prasarana, sarana, dan keuaangan, serta kegiatan penelitian, pengabdian, dan kerjasama.
“Hal itu juga berarti kerja keras Anda semua untuk lulus tepat waktu dengan IPK tinggi juga berkontribusi terhadap skor tinggi akreditasi kita. Dengan kata lain, hasil akreditasi ini merupakan ‘akibat’ dari kerja sepenih hati semua pihak di USD,” tandas Eka kepada wisudawan.
Meski bangga menjadi alumni dari universitas terakreditasi ‘A’ atau unggul tetapi status itu membawa konsekuensi amat berat. “Masyarakat akan berharap banyak pada Anda semua. Masyarakat hanya akan mengakui status Anda lewat karya dan kerja kongkrit,” pesan Eka kemudian. (rul)

 

CopyRight @ Jurnal Jogja 2016 | Tentang Kami | Kontak Kami | Iklan