Antisipasi Penyebaran Covid 19 Pemudik Harus Cek Kesehatan Sebelum Ketemu Keluarga

Antisipasi Penyebaran Covid 19  Pemudik Harus Cek Kesehatan Sebelum Ketemu Keluarga

JOGJA-Gelombang pemudik yang datang kewilayah DIY terus saja bergerak, dalam data  yang ada tercatat sudah 1.888 pemudik memasuki wilayah DIY dari berbagai pintu masuk baik bandara hingga terminal bus maupun yang menggunakan kendaraan pribadi.

Dalam kondidi saat ini semua pihak harus mampu bertindak bijaksana dan berfikir untuk keselamatan banyak orang termasuk anggota keluarga kita tercinta, dan sesuai dengan perintah dari pemerintah DIY bahwa semua pemudik diharuskan untuk melekukan cek kesehatan , sebelum bertemu dengan keluarga tercinta , ujar Retno Sudaryanti Anggota Komisi A DPRD DIY Jumat (26/3) dikompleks parlemen .

Retno juga menambahkan bahwa saat ini semua pihak terutama masyarakat untuk tidak terlalu over protektif tetapi taktis dan tegas , untuk menghadapi kedatangan para pemudik.

“Peran tokoh masyarakat serta aparat menjadi kunci keberhasilan penanganan wabah ini karena dengan penanganan yang tepat dan bijak akan meredam gejolak sosial yang ditimbulkan dalam masyarakat akibat wabah Covid 19 ini unsur pemerintah dan aparat keamanan serta unsur ulama atau keagamaan sudah bersatu padu dan memiliki SOP dalam menangani kasus wabah ini , misalnya ada himbauan dari MUI soal peribadatan sehingga semua dapat berjalan dengan lancar dan berhasil, , tambah Politisi Partai Gerindra ini.

Retno juga menghimbau kepada seluruh elemen yang ada selalu meningkatkan kewaspadaan dalam bidang kebersihan terutama kebersihan lingkungan dan diri sendiri, serta dapat mengkaji dengan benar tentang penanganan Covid 19 .

Saat ini sudah tercatat sudah 1000 ODP yang ada di Yogyakarta diharapkan jumlah tersebut tidak bertambah , dan masyarakat tidak perlu kuatir soal biaya dalam pemeriksaan kesehatan karena pemerintah telah menjamin semua anggaran yang terkait dengan COvid 19, sehingga untuk tidak ragu ragu dalam melakukan pemeriksaan kesehatan di fasilitas kesehatan terdekat, tambah Retno.

Dia juga menjelaskan bahwa terkait dampak ekonomi yang muncul dalam wabah ini Retno menjelaskan bahwa pemerintah sudah memikirkan hal tersebut dari tingkat pusat maupun daerah kita hanya tinggal menunggu skema yang akan diberlakukan di tingkat daerah . dan sebagai anggota Dewan tentu saja akan kita kawal berbagai kebijakan yang bermuara untuk kesejahteraan masyarakat. (ijo)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post