Cucu Wapres Wisuda Pascasarjana UNY

Cucu Wapres Wisuda Pascasarjana UNY

JOGJA – Sebanyak 2.040 orang mengikuti wisuda lulusan D3, S1, S2, dan S3 periode November, di GOR UNY, Sabtu (30/11). Salah seorang di antaranya, Erich Fitriawan MPd, cucu Wapres KH Ma’ruf Amin. Lulusan pogram studi S2 Pendidikan IPS Pascasarjana UNY itu putera pasangan Eno Syafrudien dan Milah Munji.

Pada kesempatan itu, Rektor UNY Prof Dr Sutrisna Wibawa mengemukakan, pendidikan adalah investasi peradaban. Itu menandakan betapa pentingnya pendidikan dalam membangun sendi-sendi peradaban sebuah bangsa. “Tanpa pendidikan, sebuah negara akan lemah. Bahkan dapat hancur.”

Itulah mengapa setiap bangsa, termasuk Indonesia, harus menyusun strategi pembangunan pendidikan dalam rangka menyiapkan generasi penerus untuk Indonesia Maju. Pemerintahan Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin sudah terbentuk dan akan bekerja dalam orkestra Kabinet Indonesia Maju dengan lima prioritas utama.

“Pertama pembangunan sumberdaya manusia. Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur. Ketiga, penyederhanaan regulasi. Keempat, penyederhanaan birokrasi. Kelima, transformasi ekonomi,” papar Sutrisna.

Prioritas pembangunan sumberdaya manusia didasari kecemasan pada perubahan dunia yang dinamis, kompetitif, dan penuh risiko. Karena itu, kita harus terus mengembangkan cara-cara baru dan nilai-nilai baru. “Jangan sampai kita terjebak dalam rutinitas monoton. Inovasi bukan hanya pengetahuan. Inovasi adalah budaya,” kata Sutrisna.

Lebih lanjut rektor mengatakan, pembangunan sumberdaya manusia merupakan prioritas utama, dan program strategis pembangunan sumberdaya manusia mesti dilakukan. Salah satunya melalui pendidikan.

“SDM unggul akan sangat mendukung kemajuan Indonesia, artinya pembangunan sumberdaya manusia menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan Indonesia di masa depan,” tegas Sutrisna.

Sumberdaya manusia Indonesia, tutur Sutrisna kemudian, harus unggul dalam segala bidang sehingga dapat bersaing secara global. Kemajuan industri yang berjalan di Indonesia tidak cukup hanya dengan infrastruktur.

Harus didukung dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia. “Karena itu, para wisudawan harus terus berusaha meningkatkan kompetensi pada bidangnya untuk menjadi sumberdaya unggul dan kompetitif,” papar Sutrisna. (rul)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post