DPRD DIY Apresiasi Wartawan Menjaga Pancasila

DPRD DIY  Apresiasi Wartawan Menjaga Pancasila

SURABAYA – Ketua Komisi A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, Eko Suwanto menyebut, penting bagi anggota dewan untuk membangun sinergi dengan media. Pasalnya, wartawan memiliki peran penting dalam menjaga demokrasi dan Pancasila.

“Media dan wartawan pendekar demokrasi dan penjaga Pancasila. Kita sama sama memiliki tanggung jawab melakukan nation and character building, tanggung jawab lakukan pendidikan politik bagi masyarakat. Kita yakin dan percaya bahwa wartawan memiliki peran strategis dalam menjaga dan menggelorakan Pancasila dihati rakyat. Kita apresiasi kawan kawan wartawan yang konsisten menjaga dan melestarikan Pancasila,” kata politisi muda PDI Perjuangan Eko Suwanto di DPRD Kota Surabaya dalam Studi Komparasi Komisi A DPRD DIY dan wartawan unit DPRD DIY, Selasa (4/2). Dalam kegiatan yang mengambil tema Sinergitas DPRD dan Wartawan dalam Menjaga Demokrasi Pancasila, Eko mengapresiasi media yang berkomitmen menjaga demokrasi Pancasila.

Di satu sisi, DPRD punya tugas dalam melakukan pendidikan politik, di sisi lain media berperan dalam menyampaikan informasi terkait nilai-nilai Pancasila.

Menurut dia, DI Yogyakarta dan Surabaya punya tantangan yang sama, yaitu trorisme dan intoleransi sehingga perlu kerjasama sangat baik antara media dan DPRD dalam menangkal ancaman tersebut.

Eko juga menyampaikan, kita harus bersyukur hidup di Indonesia yang memiliki mekanisme rekrutmen kepemimpinan dengan demokrasi Pancasila. Di Indonesia rekrutmen pemimpin di Indonesia paling tidak ada 6 cara yang mengakomodasi demokrasi dengan nilai-nilai lokal.

Selain Pemilu Legislatif dan presiden yang dilakukan secara serentak serta Pilkada serentak, pemilihan pemimpin daerah di Provinsi  Aceh, Papua, DKI Jakarta, dan DIY memiliki kekhasan masing-masing.

“Demokrasi di Indonesia berdasarkan Pancasila hargai bhinneka tunggal ika. Nah di Surabaya ini lahir penggali Pancasila, Bung Karno. Jadi setelah kita silaturahmi dengan DPRD Surabaya, kita lanjutkan kunjungan ke rumah dimana Bung Karno dilahirkan dan ke kamar dimana Bung Karno saat itu tinggal di rumah HOS Cokroaminoto. Matur nuwun Mas Adi Sutarwijono, Ketua DPRD Surabaya yang bersama Pemkot menjaga dan merawat tempat-tempat bersejarah ini,” tegas Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta Eko Suwanto.

Ketua DPRD Kota Surabaya,  Adi Sutarwijojono dalam kesempatan tersebut menyampaikan, pihaknya selalu menggelorakan nilai-nilai Pancasila. Hasilnya, warga dengan beragam suku dan agama bisa hidup berdampingan dengan damai di Surabaya.

“Semua bisa hidup berdampingan dan melaksanakan gotong royong. Setiap masalah diselesaikan dengan rembugan,” kata dia.

Adi juga dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan pentingnya kesejahteraan sosial agar demokrasi Pancasila bisa berjalan dengan baik. Oleh sebab itu,  distribusi kesejahteraan agar dijalankan dengan  baik agar timbul masalah sosial. (Ijo)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post