Gembira Loka Bersukacita “Bledug” Lahir Ditengah Corona

Gembira Loka Bersukacita “Bledug” Lahir Ditengah Corona

JOGJA – Seekor bayi gajah atau yang dalam bahasa Jawa dinamakan Bledug koleksi Gembria Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta  lahir dari induknya bernama Sinta di kandang kebun bintang setempat, Rabu (25/3) dini hari sekira Pkl 02.00 Wib, Dua jam setelah kelahirannya, “bledug” berkelamin betina itu langung menyusu induknya.

      Manager Konservasi GL Zoo, Josephine Vanda Tirtayani menyebutkan, bayi gajah yang baru lahir tersebut lahir dari pasangan indukan betina Sinta (21 tahun) dan Argo, setelah lewat perkawinan secara alami. Argo merupakan gajah Sumatra yang didatangkan dari Pusat Latihan Gajah Way Kambas Lampung pada 1996 lalu, sedangkan Sinta merupakan gajah Sumatra asal Pusat Konservasi Gajah Seblat Bengkulu.

     Menurut dia, kehamilan Sinta dipantau sejak Mei 2018 lalu saat dilakukannya USG pertama. Gajah memiliki keunikan tersendiri, mengandung cukup lama sekitar 18-22 bulan. Sinta sendiri melahirkan setelah bunting selama 21 bulan. Selama bunting, Sinta dalam pengawasan dan perawatan intensif. Pemberian pakan khusus dan multivitamin dilakukan demi menjaga kondisi sang induk. Pemantauan melalui USG pun rutin dilakukan untuk memastikan janin berkembang baik. “Sinta juga rutin diajak jalan-jalan keliling area GLZoo, oleh mahout atau perawat satwanya. Ini  untuk menjaga kondisi tubuhnya selama proses kehamilan,”tutur Vanda.

.     Selama bunting, Sinta ditempatkan di kandang asuh yang sengaja dibangun untuk kelancaran proses kehamilan dan persalinannya. “Proses kelahiran bayi gajah berlangsung lancar. Tandanya kelahiran seperti feses yang mengecil dan sedikit gelisah mulai dari sore hari ditunjukkan oleh induknya, Sinta,” urainya. .

    Para keeper gajah (mahout) telah menyiapkan segala alat dan kebutuhan baik untuk perawatan maupun obat-obatan medis oleh dokter. Perilaku seperti menendang-nendang anak gajah maupun menggerak-gerakkan dengan belalainya adalah hal yang sangat wajar untuk induk yang baru saja melahirkan.

    Meskipun pada awalnya Sinta sempat bingung dengan kelahiran anak pertamanya itu. Namun bberapa saat kemudian terlihat betapa sayangya induk Sinta kepada anaknya. “Perhatian sang induk saat anaknya berjalan tertatih maupun merengek. Langsung saja Sinta bergerak sigap mengajari anaknya bangun.

     Dengan kelahiran bayi gajah ini berarti kini GL Zoo memiliki sembilan ekor gajah. (ijo)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post