Lagi UAD Terima Hibah Uni Eropa

Lagi UAD Terima Hibah Uni Eropa

JOGJA – Untuk kali kedua, UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Jogjakarta dipercaya sekaligus menerima hibah Erasmus + dari Uni Eropa. Hibah kali ini fokus pada pembangun kapasitas universitas agar memiliki disaster awareness pada pra bencana serta kemampuan menangani bencana pada masa mitigasi dan masa pemulihan.

“Ini merupakan proyek hingga tiga tahun ke depan. UAD menjadi salah satu penerima hibah dari delapan universitas di Indonesia,” ungkap penanggungjawab proyek, Nadine Sulkowski, dari University of Gloucestershire, Inggris, di kampus UAD, Selasa (3/12).

Jika sebelumnya, hibah dengan tema GITA (Growing Indonesia: a Triangular Approach) yang berfokus pada pengembangan kewirausahaan di perguruan tinggi, kali ini mempunyai tema BUiLD (Building Universities in Leading Disaster Resilience) dengan dana sebesar Rp 1,1 miliar selama tiga tahun, 2019 – 2022.

Hibah bertujuan membangun kapasitas universitas yang termasuk dalam konsorsium untuk menjadi Center of Excellence dalam hal penangananan bencana. Selain UAD, tujuh universitas lain meliputi Universitas Islam Indonesia, President University, Universitas Andalas, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Surabaya, Universitas Khairun Ternate, dan Universitas Muhammadiyah Palu.

Selain riset, BUiLD itu juga akan mencakup peninjauan kurikulum kebencanaan bagi beberapa program studi terkait. “Kami juga akan memberikan peralatan sekaligus teknologinya terkait dengan kebencanaan,” ujar Michael Fuller, yang juga berasal dari University of Gloucestershire, Inggris.

Koordinator proyek dari UAD sekaligus kepala Kantor Urusan Internasional, Ida Puspita MA Res, mengemukakan UAD sebenarnya telah memiliki PSMPB (Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana) sejak 2012.

“Unit tersebut yang akan terlibat aktif dalam project BUiLD bersama beberapa prodi yang relevan, di antaranya Kedokteran, Psikologi, Kesehatan Masyarakat, sebagian prodi di FKIP, Farmasi, dan lain-lain,” tutur Ida.

Ia juga mengharapkan, hibah kali ini akan memberi manfaat tidak hanya untuk UAD tetapi juga bagi masyarakat luas. “Ini mengingat Indonesia memiliki banyak wilayah yang berpotensi mengalami bencana alam,” ujar Ida kemudian. (rul)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post