Lulusan UPNVY Membangun Bangsa Secara Cerdas

Lulusan UPNVY Membangun Bangsa Secara Cerdas

JOGJA – Sebagaimana periode sebelumnya, UPN ‘Veteran’ Yogyakarta kembali melangsungkan upacara wisuda, di Auditorium kampus setempat, Jalan Lingkar Utara, Jogjakarta, Sabtu (18/1). Kali ini UPNVY mewisuda 518 orang. Masing-masing satu orang lulusan program Diploma-3, Sarjana (443), dan Magister (62).

Dari sejumlah wisudawan itu, terdapat 163 lulusan atau 32 persen berhasil lulus dengan pujian atau cumlaude. Selain itu, ada 10 lulusan yang berhasil memperoleh penghargaan Karya Cendekiawan.

“Manfaatkan ilmu pengetehuan yang telah Saudara dapatkan sebagai bekal untuk turut membangun bangsa dan negara secara cerdas, keras, dan ikhlas dilandasi jiwa disiplin, kejuangan, dan kreativitas,” pesan Rektor UPNVY, Mohamad Irhas Effendi, kepada segenap wisudawan.

Pada kesempatan itu, rektor mengemukakan, UPNVY bersama 16 perguruan tinggi lain telah menandatangani komitmen bersama untuk mengembangkan HPU (Health Promoting University). Dimaksudkan untuk mewujudkan lingkungan dan perilaku sehat menuju kampus sehat dan
sejahtera melalui pendekatan HPU.

“Diharapkan seluruh sivitas akademika dan pegawai kampus yang penuh kedisiplinan, kejuangan, dan kreativitas ini dapat ikut mewujudkan dan menyukseskan program HPU sehingga UPNVY menjadi health campus,” tandas Irhas.

Rektor pun mengungkapkan, guna mewujudkan fakultas yang unggul dalam bidang pertanian berkelanjutan, dilandasi jiwa bela negara dan berwawasan global pada 2020, ini Fakultas Pertanian UPNVY telah melakukan penjajakan kerjasama dengan Ehime University, serta Tokyo University Agricultural and Technology, Jepang.

Berkaitan dengan penerimaan mahasiswa baru TA 2020/2021, UPNVY melaksanakan melalui tiga jalur. Jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), dan SM (Seleksi Mandiri).

Jalur SNMPTN merupakan jalur seleksi berdasarkan nilai akademik atau nilai akademik ditambah prestasi lain yang ditetapkan oleh PTN. Sebelum mendaftar, siswa SMA/MA/SMK klas 12 sebagai calon pendaftar harus melaksanakan registrasi akun terlebih dahulu ke LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. Batas akhir registrasi, 7 Januari 2020.

Bagi siswa lulusan 2020 yang tidak akan mengikuti SNMPTN tapi akan mengikuti UTBK-SBMPTN 2020, dapat melakukan registrasi akun 7 Februari s/d 5 April 2020 bersamaan dengan registrasi akun bagi lulusan 2018 dan 2019.

Sedangkan SM UPNVY akan dibuka 21 Mei s/d 3 Juli 2020. “Ujian SM UPNVY akan digelar 12 Juli 2020. Pengumuman hasil ujian SM, 21 Juli 2020,” papar Irhas lebih jauh. (rul)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post