Mahasiswi UII Susun Model Estimasi BBL

Mahasiswi UII Susun Model Estimasi BBL

JOGJA – Tatalaksana estimasi BBL (berat bayi lahir) di Indonesia selama ini menggunakan model dari negara lain. Seringkali kurang tepat diterapkan untuk bayi Indonesia. Karenanya diperlukan model dan populasi bayi Indonesia.

“Untuk itulah kami melakukan penelitian ini guna mendapatkan model estimasi berat lahir dengan sampel bayi di Indonesia,” ujar Mahasiswi Konsentrasi Informatika Medis – Program Studi Teknik Informatika – Program Magister FTI UII, Ledy Elsera Astrianty, di kampus setempat, Senin (23/12).

Ketepatan estimasi BBL, menurut Ledy, penting pada kehamilan. “Ukuran janin yang terlalu kecil atau terlalu besar, berat tidak normal, menjadi salah satu faktor penghambat persalinan atau komplikasi obstetri.”

Iapun mengatakan, biometri janin dengan USG diasumsikan lebih akurat dalam estimasi BBL karena mencakup berbagai dimensi linear maupun planar dari fetus. “Penerapan model estimasi BBL berbeda pada tiap populasi. Karena itu perlu diperbarui dan dikembangankan untuk mendapatkan validitas model estimasi BBL yang sesuai dengan populasi tertentu.”

Dengan pembimbing Wakil Dekan Bidang Sumber Daya FMIPA UII Dr.techn Rohmatul Fajriyah SSi MSi, Ketua Program Studi Teknik Informatika – Program Magister FTI UII Izzati Muhimmah ST MSc PhD, dan Staf Departemen Obstetri dan Ginekologi FK UII dr Yasmini Fitriyati SpOG, Ledy mengambil sampel di Jogjakarta dan Bengkulu.

Sebelumnya sudah ada penelitian serupa di Mawengkang, memang. Tapi itu mengambil sampel Manado. “Penelitian kami di Jogjakarta dan Bengkulu menghasilkan model terpilih dengan model regresi polinomial. Sedangkan Mawengkang menghasilkan model terpilih menggunakan model regresi linear berganda,” jelas Ledy.

Perbedaan selanjutnya, penelitian ini melakukan konfirmasi antara berat lahir dari model regresi yang dibuat, dengan berat lahir aktual. Selain konfirmasi, penelitian ini juga melakukan validasi untuk mengetahui seberapa besar kesalahan dari model dalam melakukan prediksi atau mengestimasi BBL,” papar Ledy kemudian. (rul)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post