Perlu ‘Digital Mapping’ Hingga 20 Tahun Ke Depan

Perlu ‘Digital Mapping’ Hingga 20 Tahun Ke Depan

JOGJA – Rampungnya pembangunan satelit Palapa Ring membuat koneksi internet di Indonesia sudah tidak menjadi masalah lagi. Yang diperlukan sekarang, digital mapping. Paling tidak untuk 20 tahun ke depan.

“Kami terus mendorong Kominfo untuk segera melakukan pemetaan agar diketahui persis kebutuhan yang kita perlukan,” ujar anggota Komisi I DPR RI, Dr H Sukamta, kepada wartawan, di sela diskusi publik yang digelar Bakti (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika) Kominfo, di Jogjakarta, Sabtu (30/11).

Dengan memiliki peta digital secara jelas, kita bisa mengetahui secara persis kebutuhan yang diperlukan. Menyangkut sumberdaya manusia, peralatan, infrastruktur, bahkan hingga brainware. “Apakah kita memerlukan yang level tinggi, menengah, atau cukup tingkat bawah,” tandas politisi PKS itu.

Setelah itu, Indonesia tentu memerlukan roadmap terkait dunia digital itu. “Misal, apakah sudah saatnya kita memproduksi sendiri telepon genggam, atau seperti apa. Begitu pula menyangkut pendidikannya. Sekadar kursus singkat atau secara makro memerlukan perubahan kurikulum di sekolah-sekolah,” papar Sukamta.

Kita sudah mengetahui saat ini memerlukan sedikitnya tujuh juta sumberdaya manusia di bidang digital. Tapi kita belum mengetahui persis kualifikasinya. Misalnya saja, berapakah yang diperlukan untuk tingkat advance, menengah, atau tingkat bawah.

Begitu pula soal coding, misalnya. Sejak kapan sebaiknya mulai diperkenalkan. Apakah mulai tingkat sekolah dasar, pendidikan menengah, atas, atau pendidikan tinggi. “Kita perlu mengetahui dan memiliki peta yang jelas menyangkut hal-hal rinci semacam itu,” tegas Sukamta.

Tenaga Ahli Redesain USO (Universal Service Obligation) Kominfo, Gun Gun Siswadi mengaku telah melakukan pemetaan. Bahkan menyangkut USO atau pelayanan digital secara luas, pemerintah melalui Kominfo telah melakukan desain ulang.

“Jika semula top down, kini telah kita balik menjadi bottom up. Dengan begitu, kita cermati kebutuhan masyarakat, baru kemudian kebijakan menyesuaikan. Terlebih program Palapa Ring saat ini sudah rampung sehingga akses internet sudah menjadi lebih baik,” kilah Gun Gun.

Banyak hal yang kini bisa diperoleh masyarakat secara makin mudah dan murah. “Mengenai pemetaan digital, kita semua telah mempunyai kapasitas tugas masing-masing. Semua akan menjadi lebih baik, dengan syarat kita memiliki infrastruktur dan sumberdaya manusia yang mumpuni,” kata Gun Gun lebih jauh. (rul)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post