Politik Butuh Peran Anak Muda

Politik Butuh Peran Anak Muda

BANTUL – Politik merupakan seni memahami kekuasaan. Kemajuan politik membutuhkan peran anak muda. Karena itu penting bagi partai politik saat ini untuk merangkul generasi muda agar mereka mampu memiliki nilai positif dalam memahami peran dan fungsi partai politik.

“Memperjuangkan demokrasi bukan sekadar pemilu yang sukses,” ungkap Sosiolog UGM, Arie Sujito, di hadapan 570 anak muda peserta Perkaderan Fungsional Pemuda Golkar Milenial, di Pendopo GPC Imogiri, Bantul, DIY, Minggu (12/1).

Tak hanya pemilu yang sukses, tapi partai politik harus pula berhasil menyejahterakan rakyat. “Dan jika kita percaya partai politik menjadi salah satu pilar demokrasi, maka kita harus membangun partai politik,” tandas dosen Fisipol UGM itu.

Generasi milenial, tutur Arie kemudian, harus dihadapkan pada politik yang humanis dan toleransi yang kuat sehingga konsep politik yang tumbuh, politik yang humanis dan toleran. “Sebagai subyek sekaligus obyek politik, generasi milenial harus hadir di semua arena perpolitikan yang dibangun partai.”

Pakar politik itupun menegaskan, generasi milenial merupakan generasi perubahan sehingga perubahan-perubahan yang terjadi dalam dunia politik dan demokrasi bertumpu pada generasi milenial.

Ketua Dewan Pertimbangan DPD Golkar DIY, Gandung Pardiman, menyoroti perbedaan generasi dari masa baby-boomer hingga generasi-Z. “Setiap generasi akan memiliki tantangan tersendiri dan saat ini tantangan teknologi komunikasi menjadi hal penting,” ujarnya seraya mengingatkan, tugas politisi dan partai politik harus mampu menyejahterakan rakyatnya.

Ketua Panitia, Guska Laksana, mengemukakan para pemuda yang menjadi peserta gemblengan itu merupakan generasi muda Golkar dari kabupaten kota se DIY. “Generasi muda harus mampu memahami politik secara benar.”

Iapun menandaskan, menjadi pemimpin bukanlah hal instan. “Memerlukan proses dan hal itu bukan perkara mudah. Harus mengikuti sistem yang ada di partai politik,” ujar Guska dalam acara yang ditutup dengan pembagian door prize itu. (ijo)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post