Revitalisasi Sat Lin Mas Optimalkan Potensi Deteksi Dini

Revitalisasi Sat Lin Mas Optimalkan Potensi  Deteksi Dini

SENTOLO-Saat ini diperlukan perhatian semua pihak untuk dapat  kepada unsur Lin Mas yang ada di masyarakat ,Lin Mas adalah garda terdepan dalam berbagai dinamika yang muncul di berbagai komunitas warga .

Demikian pengantar Suwardi Wakil ketua Komisi A DPRD DIY dalam kunjungan kerja di kecamatan Sentolo Kulonprogo.

,Sat Lin Mas merupakan aset  potensial yang pada posisinya adalah relawan dan memilki kecepatan gerak yang baik,jika terjadi berbagai dinamika yang ada ,tetapi saat ini diperlukan regenerasi untuk melanjutkan dan meningkatkan struktur organisasi Sat Lin Mas tersebut ,saat ini Sat Lin Mas masih di dominasi boleh generasi tua sehingga diperlukan penyegaran,ujar politisi partai Golkar tersebut pada Kamis (13/2) di pendopo kecamatan Sentolo .

Lebih lanjut wakil ketua Komisi A tersebut menambahkan bahwa pihak Dewan akan terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan anggota Sat Lin Mas sehingga para anggota yang memiliki sifat relawan ini benar benar menjadi sejahtera.

Secara organisasi Tim Sat Lin Mas berada dalam struktur organisasi tingkat desa atau Kalurahan sehingga seharusnya ketika desa semakin sejahtera dengan banyaknya potensi dana yang masuk maka seyogyanya kesejahteraan Lin Mas pun akan meningkat,tutupnya.

Eko Suwanto selaku ketua komisi A juga menambahkan bawa pihak tetap concern untuk membangun sat Lin Mas bad benar benar menjadi organisasi yang tangguh dan terdepan dalam upaya pencegahan ancaman radikalisasi dan terorisme bahkan intoleransi.

,Saat ini ada sebanyak 30858 anggota Sat Lin Mas DIY ,dan akan kita berdayakan bekerjasama dengan Polri serta TNI , untuk memberikan kemampuan deteksi dini ,sehingga diharapkan akan mampu mencegah upaya upaya kejahatan yang mungkin saja akan dilakukan oleh kelompok tertentu ,karena sudah terdeteksi sejak awal,ujar politisi muda PDI P ini.

Eko juga menambahkan bahwa secara berkala pihaknya juga kan memberikan pelatihan rawan bencana yang harus bahkan wajib diikuti oleh semua anggota Sat Linmas DIY.

Sementara Kasat Pol PP DIY Noviar Rahmad mengemukakan pula bahwa pihaknya saat ini telah mengintensifkan berbagai kegiatan dalam upaya mencegah kejahatan jalanan yang dilakukan oleh anak remaja.

,Kami melakukan kegiatan di sekolah sekolah , dengan program POL PP Goes to School dan kami masuk untuk memantau kegiatan para siswa termasuk memberikan himbauan langsung terkait kejahatan jalanan tersebut, bahkan kami juga ikut merazia kendaraan bermotor para siswa ,bahkan warung warung yang ada dekat sekolah ,kami berhasil mengungkap enam  kasus miras , empat dari Kulonprogo dan sisanya dari kota Jogja,papar Noviar.

Dia juga menambahkan bahwa pihaknya selalu melibatkan anggota Sat Lin Mas dalam berbagai operasi yang dilakukan .

,Bahkan saat ini Sat Lin Mas merupakan bagian dari Pol PP, sehingga anggaran juga dialokasikan untuk kegiatan Lin Mas,tutupnya 

Hal Senada juga diungkap Muhammad Syafii anggota Komisi A yang ikut dalam rombongan.

,Dewan juga sudah mengalokasikan anggaran lebih dari 500 jutaan lebih atau tepatnya 532 juta di tahun 2019 dan satu miliar ditahun 2020 bagi penguatan dan peningkatan kapasitas Sat Lin Mas, semoga akan didapatkan kualitas Sat Lin Mas yang berkualitas,serta regenerasi Sat Lin Mas yang baik , mengingat pentingnya posisi Sat Lin Mas ini,tutup politisi PKS ini. (ijo)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post