Ribuan Sengon Laut Hijaukan Gunung Kidul

Ribuan Sengon Laut Hijaukan Gunung Kidul

GUNUNG KIDUL – Generasi muda yang tergabung dalam AMPI (Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia) Gunung Kidul dan DIY menggelar penanaman ribuan pohon Sengon Laut secara massal di kawasan telaga, Panggang, Gunung Kidul, DIY, Sabtu (18/1).

Penanaman secara simbolis diawali di dusun Bali, Girisekar, Panggang, oleh Ketua AMPI DIY Syarif Guska Laksana dan Ketua AMPI Gunung Kidul Heri Nugroho. Hadir dan turut menanam, anggota DPR RI dari Fraksi Golkar Dapil DIY, Gandung Pardiman.

“Diharapkan tanaman tersebut bermanfaat bagi kelestarian alam dan lingkungan. Juga, agar telaga bisa terisi air dan digunakan masyarakat,” ujar Gandung.

Ia pun menyatakan, gerakan nyata penghijauan harus terus dilakukan mengingat tingginya tingkat polusi yang ada. “Pemuda seperti AMPI harus mampu memegang peranan penting untuk kelangsungan hidup yang lestari,” tandas Gandung.

Ke depan, hal itu diharapkan bisa menjadi ikon desa. Seperti Desa Kelengkeng di Moyudan, Sleman. Pun, Desa Kelapa Kopyor di Ringinharjo, Bantul. “Bibit Sengon Laut sebanyak 10.000 batang juga merupakan hasil binaan masyarakat. Dari saudara-saudara kita sendiri,” ungkap Gandung.

Politisi senior yang juga pembina pemberdayaan desa itu menjelaskan, selain penghijauan dilakukan pula pelantikan AMPI kecamatan Panggang. Ormas bentukan Golkar itu mulai dibangkitkan kembali untuk berjuang demi kemajuan pemuda Indonesia.

Ketua AMPI Gunung Kidul, Heri Nugroho, mengatakan untuk memberdayakan generasi muda yang tergabung dalam AMPI, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar Apel Kesiagaan seluruh anggota AMPI se Gunung Kidul untuk konsolidasi dan melalukan langkah-langkah nyata membangun negeri.

Ketua AMPI DIY, Syarif Guska Laksana, pihaknya akan terus menata diri dan mengembangkan sayap merangkul pemuda-pemuda yang mempunyai semangat tinggi untuk membangun negeri. Ia menargetkan sebelum Pilkada 2020 semua pengurus kecamatan se Gunung Kidul bisa terbentuk.

“Kita akan gembleng kader dengan visi misi yang jelas. Kita mendorong agar AMPI bisa ikut mendampingi masyarakat. AMPI bisa berkreasi, berdedikasi, dan melakukan penguatan ekonomi,” pungkas Syarif. (ijo)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post