Sun Marino Indonesia Buka Cabang Diklat

Sun Marino Indonesia Buka Cabang Diklat

JOGJA – Lembaga Pendidikan Pelatihan & Keterampilan (LP2K) Sun Marino Indonesia menandatangani nota kerjasama dengan Koperasi Kapensi Nasional untuk membuka cabang Diklat Perhotelan dan Kapal Pesiar di enam kota Jawa Tengah dan Jawa Timur. Masing-masing di Boyolali, Madiun, Magelang, Solo, Sukoharjo, dan Semarang.

Penandatanganan kerjasama, di Ulam Tirta Resto & Rest Area, Jalan Jogja – Solo Km 15 Jogjakarta, Selasa (14/1), itu selain merupakan perluasan cabang Sun Marino Indonesia juga sebagai bagian dari komitmen mereka dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan.

Direktur Sun Marino Indonesia, Ariyanto SE MPar, mengatakan sebagai langkah nyata mewujudkan komitmen tersebut, dengan mendidik muda-mudi menjadi tenaga terampil di bidang perhotelan sekaligus penyaluran kerja di hotel dalam negeri, internasional, dan kapal pesiar.

Permintaan tenaga kerja kru kapal pesiar internasional dan perhotelan tahun 2020 ini masih berkisar 15.000 orang. “Itu hanya untuk satu agen kru kapal pesiar. Sedangkan permintaan tenaga kerja perhotelan dalam negeri dan luar negeri terutama Timur Tengah mencapai ribuan. Kita ingin andil dalam pendidikan dan pelatihan, sekaligus kita menyalurkannya,” ujar Ariyanto.

Sejak 2010, Sun Marino Indonesia sebagai lembaga diklat perhotelan dan kapal pesiar yang tersebar di Sumatera, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, telah menyalurkan ribuan pekerja ke berbagai perusahaan kapal pesiar internasional, serta hotel dalam negeri dan luar negeri.

“Alhamdulillah, semua siswa didik kita begitu lulus diklat selama tiga bulan langsung mendapat penempatan kerja,” papar Ariyanto yang juga mantan kru kapal pesiar itu.

Ketua Koperasi Kapensi Nasional, Dra Hj Siti Zulaikhah, berharap kerjasama yang diujudkan melalui pembukaan berbagai cabang diklat Sun Marino Indonesia itu membawa kemanfaatan bagi masyarakat terutama dalam pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

“Koperasi sebagai salah satu lembaga Ekonomi Pancasila hendaknya tak sekadar menjadi pilar ekonomi masyarakat. Namun harus bisa andil secara lebih besar dalam menyelesaikan berbagai problem masyarakat. Termasuk dalam hal ini masalah pengangguran,” tutur Zulaikhah.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua KPK Tipikor Dr Marwan beserta seluruh jajaran anggotanya dari berbagai daerah. “Pembukaan Cabang Diklat Perhotelan dan Kapal Pesiar sangat bermanfaat bagi masyarakat. Karena itu, nantinya, hendaknya bisa dijalankan sebaik-baiknya agar berhasil mengembangkan visi dan misinya.” (yun)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post