Tanduk Majeng GK Ladies Meriahkan Wayang Kulit

Tanduk Majeng GK Ladies Meriahkan Wayang Kulit

JOGJA – Atraksi tari Tanduk Majeng asal Madura yang ditarikan 10 penari kelompok GK Ladies Jogjakarta menyita perhatian penonton yang memadati plaza Serangan Oemoem 1 Maret Jogjakarta, Sabtu (26/10) malam, dalam acara pergelaran wayang kulit yang dihelat Forum Masyarakat Madani Jogjakarta.

Kelompok GK Ladies (Galang Kemajuan Ladies) merupakan kelompok relawan perempuan pendukung Jokowi yang sangat aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk kegiatan seni budaya. “Tari Tanduk Majeng ini merupakan salah satu bentuk kegiatan budaya kami,” ujar Ketua GK Ladies, Retno Dewayani.

Meski berdomisili di Jogjakarta, imbuh Retno, tapi GK Ladies sangat menaruh perhatian terhadap berbagai bentuk kesenian serta tari-tarian yang berasal dari seluruh Indonesia.

“Komunitas kami memang bertujuan memberdayakan kaum perempuan. Karena itu, berbagai bentuk kegiatan sosial budaya maupun pendidikan menjadi bagian penting organisasi GK Ladies,” papar Retno yang juga mengemukakan, organisasi serupa sudah terbentuk di seluruh propinsi di Indonesia.

Wakil Ketua GK Ladies Jogjakarta, Asri menjelaskan, saat ini pergelaran tari yang disuguhkan merupakan sebuah bentuk partisipasi dalam rangka ikut memeriahkan pelantikan Jokowi dan Maruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden.

Saat ini GK Ladies Jogjakarta beranggotakan 100 orang dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari ibu rumahtangga hingga pengusaha profesional. “Kami berprinsip tetap ngancani Jokowi sampai akhir masa jabatan dan membantu program Jokowi di seluruh Indonesia,” ujar Asri menyatakan tekadnya.

Selaku Ketua Forum Masyarakat Madani Yogyakarta, Bambang P menjelaskan, pihaknya melakukan berbagai kegiatan sosial budaya termasuk pementasan wayang kali ini sebagai bagian dari konsep merawat kebhinekaan Indonesia.

“Semakin banyak yang aktif merawat dan peduli terhadap kebhinekaan Indonesia, maka Indonesia akan menjadi negara besar yang disegani masyarakat dunia,” tandas Bambang. (ijo)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post