Tokoh Wisanggeni Sambut Milad Ke-59 UAD

Tokoh Wisanggeni Sambut Milad Ke-59 UAD

JOGJA – Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, UAD (Universitas Ahmad Dahlan) Jogjakarta kembali menggelar pertunjukan wayang kulit semalam suntuk, di kampus setempat, Sabtu (18/1) malam. Memperingati milad ke-59, salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah itu menampilkan lakon Wisanggeni Dadi Ratu dengan dalang Ki Seno Nugroho.

Di tengah disrupsi teknologi dengan penonton mahasiswa post milenial atau digital native, pemilihan dalan Seno dinilai sangat tepat. “Kalau konten cerita wayangnya pasti masih sama. Tapi Seno terkenal pula sebagai dalang milenial,” ujar Rektor UAD, Dr Muchlas MT.

Memiliki kanal YouTube dan penampilan yang bisa ditonton secara streaming, Ki Seno Nugroho menjadi salah seorang dalang yang inovatif. “Cara penyampaian pesannya sangat komunikatif dengan penonton saat ini. Ada strategi komunikasi baru yang telah ia bangun,” tutur Muchlas kemudian.

Cara-cara pendekatan teknologi semacam itu, menurut Muchlas, pun harus dilakukan perguruan tinggi. “Bukan zamannya lagi dosen melakukan perkuliahan secara konvensional. Jika dosen menyampaikan pesan hanya dengan berceramah, pasti tak akan didengar lagi oleh mahasiswanya.”

Membongkar seluruh lanskap pendidikan, lanjut Muchlas, menjadi tantangan perguruan tinggi sekarang ini. “Filosofisnya mungkin masih sama. Tapi dengan ilmu pengetahuan yang berkembang, semua itu harus dikomunikasikan sesuai teknologi saat ini.”

Tak menutup kemungkinan, nantinya perkuliahan yang sifatnya tatap muka akan disaingi bahkan digantikan dengan cara-cara online. “Sekarang ini sudah mulai muncul online university. Karena itu perguruan tinggi harus menata ulang dirinya menyesuaikan dengan mahasiswanya, kaum post milenial,” tutur Muchlas kemudian. (rul)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post