Warga RT 7 Gabusan Somasi Bupati Bantul

Warga RT 7 Gabusan Somasi Bupati Bantul

JOGJA – Tak kurang dari 40 KK warga RT 7 Gabusan Timbulharjo Sewon Bantul DIY melayangkan somasi kepada Bupati dan Pj Lurah setempat. Warga mengindikasikan bupati maupun lurah telah melakukan perbuatan pencemaran nama baik.

“Kami sepakat akan melayangkan surat somasi kepada dua pejabat itu pada Senin besok (16/12 – red.),” ujar salah seorang warga RT 7 Gabusan, Aulia Reza Bastian, bersama beberapa warga lainnya, kepada wartawan, di Jogjakarta, Jumat (13/12).

Mewakili warga RT setempat, Reza pun mengemukakan, somasi menuntut Bupati maupun Pj Lurah untuk menemui warga guna berdialog sekaligus meminta maaf kepada warga secara terbuka di media massa.

Jika somasi dan tuntutan itu tidak diindahkan, warga terpaksa akan melanjutkannya ke ranah hukum. “Pernyataan terbuka kedua pejabat tersebut yang kemudian viral di media massa sudah bisa diindikasikan sebagai perbuatan pencemaran nama baik,” tutur Reza.

Warga, menurut Reza, merasa resah dan terusik kehormatan maupun nama baik mereka karena adanya pernyataan Bupati maupun Pj Lurah yang menyatakan warga RT 7 menempati tanah secara liar. “Kami dikatakan sebagai penghuni ilegal.”

Warga menganggap pernyataan Bupati maupun Pj Lurah itu keliru karena mereka mengantongi SK Gubernur No 6/12/KPTS/1992 tentang pemberian izin penggunaan Tanah Kas Desa dan Tanah Lungguh seluas 1,2855 Ha untuk Pasar Desa Gabusan, Timbulharjo, Sewon, Bantul.

Di sisi lain, pemkab dan kelurahan menyatakan akan menggusur warga RT 7 yang berada di sisi utara Pasar Seni Gabusan karena lahan tersebut akan dipergunakan sebagai pintu masuk pasar seni. “Silakan jika akan menggusur. Kami hanya meminta semuanya dirembug secara baik-baik,” tandas Reza.

Selain dialog, warga pun meminta jangan disebut sebagai penghuni liar karena pada kenyataannya memiliki surat-surat yang sah. “Pernyataan terbuka Bupati dan Pj Lurah membuat kami di-bully warga lain. Bahkan anak-anak kami pun menjadi sasaran serupa. Itu yang kami tidak terimakan,” papar Reza yang diiyakan beberapa warga lain. (rul)

Hosting Unlimited Indonesia

Share this post